Tribun Sirkuit Assen Mulai Dilakukan Renovasi

0

Jeda musim dingin ternyata juga dimanfaatkan oleh beberapa pengelola sirkuit MotoGP untuk mengubah ‘wajah’ arena balap mereka. Setelah sirkuit Catalunya yang menyetujui perubahan layout mereka menyusul tragedi kematian Luis Salom, baru–baru ini juga tersiar kabar tentang renovasi pada sirkuit Assen.

Sirkuit kebanggaan warga Belanda tersebut rencananya akan dilakukan perombakan besar–besaran pada bagian tribun 1, 8, serta 9. Proyek Modernisasi yang akan selesai pada tahun 2021 tersebut menelan biaya kisaran 8 juta euro. Assen sendiri telah mengumumkan perpanjangan kontrak mereka dengan pihak Dorna sampai tahun 2026.

Rencananya tribun pertama yang memiliki kapasitas mencapai 9.700 penonton tersebut akan ditambah dengan ruang VIP, kursi yang nyaman, lift, serta ruang untuk penjualan makanan dan minuman sehingga para fans tidak akan melewatkan aksi idola mereka saat beraksi di atas kuda besi.

“Ini semua adalah berkat loyalitas para warga menonton kejuaraan balap motor. Saya ingin memastikan bahwa mereka memiliki antusias dan akan kembali menonton setiap tahunnya saat balapan digelar.” kata Peter Oosterban Direktur Sirkuit.

‘The Cathedral’ julukan bagi sirkuit Assen, merupakan salah satu sirkuit bersejarah dan tertua di MotoGP. Trek yang diresmikan untuk balapan grand prix pada tahun 1949 tersebut memiliki layout lintasan yang sempit serta pergantian arah yang cepat, tidak heran Valentino Rossi menjadi penguasa di sirkuit ini dengan 7 kali kemenangan di kelas MotoGP.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.