Tim Movistar Yamaha Bersiap Cetak Rekor Kemenangan di Sirkuit Austin Amerika

0

Pabrikan Yamaha MotoGP saat ini tengah merayakan euforia pasca kemenangan dua pembalap mereka, Maverick Vinales dan Valentino Rossi pada gelaran Grand Prix Argentina. Podium pertama yang dimenangkan oleh Vinales menjadikan tim Yamaha saat ini telah mengoleksi 499 angka kemenangan.

Andai pada race selanjutnya di seri Austin kedua pembalap mereka mampu meraih podium utama, maka genap sudah Yamaha mengantongi 500 kemenangan semenjak podium pertama mereka diraih oleh rider Jepang Fumio Ito di kelas 250cc seri Spa Franchorchamps Belgia.

Valentino Rossi menjadi pembalap yang berada di urutan pertama dengan 55 kemenangan, sekaligus rider tim berlambang garpu tala paling sukses sepanjang massa. Angka tersebut tentu saja akan bertambah mengingat The Doctor hingga musim ini masih aktif berkompetisi. Di posisi kedua ada mantan rider mereka yang kini telah berlabuh di kubu Ducati yakni Jorge Lorenzo dengan 44 kemenangan.

Kisah sukses Yamaha sendiri bermula pada tahun 1963. Kala itu pembalap asal negeri matahari terbit berhasil memenangkan Grand Prix Spa Belgia di ajang 250cc. Berlanjut di tahun 1972 hingga 1975, Yamaha berhasil memenangkan empat kategori kelas sekaligus menandai karir sukses mereka dengan 27 kemenangan. Namun semenjak musim 2003, Yamaha hanya aktif dan fokus di kelas MotoGP saja.

Sirkuit Assen Belanda menjadi favorit tim Yamaha dalam meraih jumlah kemenangan. Tercatat 36 podium pertama telah berhasil mereka goreskan di negeri Kincir Angin tersebut. Sirkuit Brno di Republik Ceko berada di urutan selanjutnya dengan 32 kemenangan dan 20 angka lagi di sirkuit Salzburging Austria.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.