Thailand Dipastikan Menjadi Tuan Rumah MotoGP 2018, Indonesia Kapan?

0

Thailand akhirnya dipastikan mendapatkan jatah untuk menjadi tuan rumah MotoGP lewat Chang International Circuit pada tahun 2018 mendatang. Keputusan tersebut disetujui oleh Dorna setelah pihaknya melihat bagaimana keseriusan Thailand dalam menggelar ajang balap World Superbike selama tiga musim.

Selain menyajikan balapan World Superbike dan MotoGP, sirkuit Chang juga akan menerima tawaran untuk menggelar kejuaraan World Supersport, meski belum diketahui secara pasti kapan kontrak baru tersebut akan disodorkan.

Sirkuit yang terletak di kota Buriram atau tepatnya 400 km di sebelah utara ibukota Bangkok tersebut, dilaporkan telah selesai membuat kesepakatan dengan Dorna Sports untuk menggelar balapan di 3 kategori kelas, dan akan menjadi sirkuit baru yang ditambahkan setelah sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina menyatakan kesediaannya pada tahun 2014 silam.

Ini jelas akan menjadi langkah besar Dorna dengan mengunjungi salah satu industri pasar roda dua terbesar. Bayangkan saja, untuk kejuaraan WSBK sendiri sirkuit tersebut dihadiri lebih dari 80.000 penonton sekaligus menjadikannya salah satu yang terbaik dalam kalender balap Superbike.

Keikutsertaan Thailand sudah menjadi rencana Dorna untuk menambah jumlah balapan dari sebelumnya 18 seri akan bertambah menjadi 19 seri. Rencananya balapan di negeri gajah putih tersebut akan digelar setelah atau sebelum seri Australia diselenggarakan, namun bisa juga Dorna merubahnya setelah Grand Prix Qatar.

Dengan dipastikannya terlebih dahulu Thailand mengisi slot tuan rumah, praktis di musim 2019 nanti langkah Indonesia kian berat mengingat harus bertarung dengan kandidat terkuat Finlandia yang juga menginginkan untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Mari kita doakan yang terbaik untuk Indonesia!

Via: Crash

About Author

Selain saat ini aktif menulis di GoMotoGP, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.