Terserang Virus Epsteinn-Bar, Peran Jonas Folger Digantikan Oleh Kohta Nozane

0

Pembalap satelit tim Yamaha Tech 3 yakni Jonas Folger dipastikan tidak dapat mengikuti balapan seri Motegi pada akhir pekan nanti. Hal tersebut menyusul kabar mengenai kondisi tubuhnya yang melemah karena terserang virus Mononucleosis atau sering juga disebut dengan virus Epstein-Barr (demam kelenjar).

Tim Yamaha pun langsung bergerak cepat dengan menerbangkan pembalap berusia 24 tahun tersebut kembali ke Muenchen Jerman guna menjalani pemeriksaan medis. Diperkirakan virus yang pernah menyerang tubuh pembalap rookie di kelas MotoGP tersebut pada masa lalu kini muncul kembali dan menyerang sistem kekebalan tubuhnya.

Dilansir dari Motorsport.com, mantan rider di ajang Moto2 tersebut juga diragukan keikutsertaannya dalam dua race berikutnya di sirkuit Phillip Island dan Sepang.

“Sebenarnya saya sudah merasa begitu lemah saat menjalani balapan di Misano dan Aragon. Dan saat tiba di Jepang, badan saya rasanya seperti kehilangan kekuatan. Bahkan hanya untuk sekedar keluar dari kamar hotel saja itu begitu sulit bagi saya. Saya lalu menemui Herve dan Dr Charte di tim Clinica Mobile dan mereka sepakat untuk mengirim saya kembali ke Jerman untuk cek darah.” ucap Folger.

“Mungkin saja virus yang sudah pernah menyerang tubuh saya pada beberapa tahun yang lalu muncul kembali. Tapi saya belum terlalu yakin sampai hasil laboratorium di Muenchen keluar.” tutur rekan satu tim Johann Zarco tersebut.

Pasca salah satu pembalapnya mengumumkan absen dalam Grand Prix Jepang, tim Yamaha Tech 3 langsung mencari pengganti. Hasilnya, tim menunjuk salah satu tes rider Yamaha sekaligus pembalap lokal asal Jepang yaitu Kohta Nozane.

Kohta Nozane sendiri tentu sudah tidak asing dengan paket YZR-M1 dan ban Michelin karena ia merupakan tes rider pabrikan garputala. Namun untuk atmosfer balap jelas akan berbeda ceritanya. Nozane terjun pertama kali di kejuaraan Grand Prix saat usia 16 tahun di balapan Moto2 Jepang musim 2012.

“Ini jelas menjadi kejutan besar bagi saya. Sampai saat ini saya masih tidak percaya bakal balapan di Motegi yang merupakan sirkuit favorit saya dan saya juga telah mengendarai motor Yamaha beberapa putaran dengan ban Michelin.” ujar Nozane.

“Ini merupakan kehormatan besar bagi saya untuk bertanding di Motegi. Apalagi saya merasa sudah seperti pembalap MotoGP setelah ditunjuk sebagai pengganti Jonas. Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Yamaha atas kesempatan tersebut.” tandas pembalap yang pernah menjuarai kompetisi All Japan J-GP2 2013 tersebut.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.