Terkait Pelarangan Winglet, Tim Hanya Boleh Memodifikasi Fairing Bagian Dalam Motor

0

Persoalan mengenai piranti winglet di kelas MotoGP memang seakan-akan tidak ada habisnya. Piranti tersebut memang telah resmi dilarang oleh pihak FIM untuk digunakaan dalam musim balap 2017 demi alasan keselamatan pembalap.

Oleh karena itulah beberapa tim kali ini mencoba mengakali ataupun memodifikasi bagian fairing motor demi menciptakan gaya downforce.

Race Director Mike Webb menjelaskan bahwa para tim tidak diperbolehkan lagi untuk memasang sesuatu yang terlalu menonjol dan terlihat berbahaya pada bagian kiri dan kanan motor. Selain hal tersebut, tim-tim balap dibebaskan untuk memodifikasi bagian dalam kuda besi mereka terutama pada sisi fairing.

“Apapun yang sifatnya menonjol serta menempel pada bagian fairing jelas tidak akan kami ijinkan.” ucap Mike Webb dilansir dari Crash.

“Mereka dapat melakukan apa yang diinginkan hanya pada bagian internal fairing saja, dan tidak untuk bagian eksternal. Apapun itu entah winglet atau ventilasi yang letaknya dibagian dalam jelas dibebaskan.”

“Namun keputusan final tetap berada pada tangan Danny Aldridge, ia adalah orang yang memiliki keputusan akhir sebagai Direktur Teknik Dorna.” terangnya.

Salah satu tim yang pertama kali memperkenalkan model fairing terbaru mereka adalah Movistar Yamaha. Tim berlogo garpu tala tersebut mencoba merombak bagian internal fairing mereka menjadi semacam layer lubang udara.

Terobosan yang dikeluarkan oleh Yamaha lantas membuat beberapa tim ‘latah’ mengikuti. Tim Suzuki Ecstar serta Aprilia Racing juga turut memperkenalkan fairing mereka ketika tengah menjalani tes pramusim MotoGP 2017 hari kedua di sirkuit Philip Island, Australia. Dengan demikian hanya tinggal tim Honda, Ducati, serta KTM saja yang belum memperkenalkan model fairing aerodinamis.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di GoMotoGP, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.