Tanpa Winglet, Para Pembalap Harus Berjuang Ekstra

0

Piranti winglet akhirnya resmi dilarang digunakan pada motor setiap pabrikan di musim depan. Seluruh pabrikan harus memikirkan bagaimana memodifikasi bagian fairing agar mampu menciptakan fungsi yang sama dengan saat menggunakan perangkat ‘sayap’ tersebut.

Di musim 2015 hingga 2016, winglet menjadi semacam tren bagi para pabrikan khususnya tim Ducati karena piranti tersebut sangat membantu para pembalap dalam meredam efek wheelie pada setiap motor. Namun karena dianggap membahayakan apabila terjadi kontak antara pembalap pada saat menikung, penggunaan winglet pun dihapuskan pada perhelatan MotoGP 2017 mendatang.

Pembalap Pramac Ducati yakni Scott Reding menjelaskan kepada speedweek bahwa tanpa adanya winglet, para pembalap harus lebih ekstra berjuang dalam menjinakkan kuda besi mereka. Saat menjalani debut menggunakan GP16 dalam tes MotoGP Valencia lalu ia harus kesulitan karena bagian depan motor selalu terangkat.

“Saya telah mencoba motor tersebut dan jujur saja aku harus berjuang karena terlalu banyak wheelie pada motor. Saya harus mencoba beradaptasi lagi bagaimana mengatasi bagian–bagian tersebut.” ucap Scott

“Biasanya Saya sedikit malas namun situasi sekarang berbeda dengan tanpa adanya winglet. Kita akan menggunakan data–data yang ada di tahun ini untuk musim depan. Saya berharap para insinyur dapat segera menciptakan fairing yang lebih baik lagi untuk mengurangi dampak wheelie.” tutup pembalap Inggris tersebut.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.