Tanggalkan Penggunaan Winglet, Dorna Akan Seleksi Ketat Desain Fairing Motor

0

Penggunaan piranti winglet pada setiap fairing motor pembalap akan mulai dilarang untuk musim 2017 nanti. Hal tersebut tentu saja memunculkan pro dan kontra di kelas balap MotoGP. Pabrikan Ducati yang pertama kali menempelkan winglet dan terbukti menambah performa kuda besi mereka, kini harus gigit jari lantaran pelarangan tersebut.

“Untuk tahun depan mari kita ucapkan selamat tinggal untuk winglet dan mulai memikirkan bagaimana mengubah aerodinamis pada motor. Bagaimanapun juga insinyur kami telah siap dari jauh hari tentang masalah ini.“ kata Manajer tim Ducati Gigi Dall’igna.

Para insinyur di setiap pabrikan mulai memutar otak dan berpikir keras bagaimana mengubah bentuk desain fairing motor tanpa menggunakan winglet serta masih mampu untuk menghasilkan gaya downforce. Tim Yamaha misalnya, mereka telah mengirimkan bentuk – bentuk desain fairing ‘khusus’ yang akan digunakan untuk musim depan. Beberapa diantaranya telah di uji coba saat tes Valencia lalu.

“Insinyur dari setiap pabrikan telah mengirimkan berbagai gambar dan bentuk fairing yang akan mereka coba gunakan untuk musim depan. Namun kami akan menyeleksinya terlebih dahulu bagian atau bentuk mana saja yang diperbolehkan atau tidak.“ ucap Danny Aldridge, Direktur Teknis MotoGP.

Sejatinya winglet sendiri memiliki beberapa efek positif dengan mampu memberikan efek downforce atau gaya tekan kebawah sehingga saat berakselerasi bagian depan motor tidak akan terangkat. Sementara itu hal negatif yang dihasilkan oleh piranti tersebut adalah selain membuat bentuk motor menjadi lebih lebar dan apabila tersenggol dengan pembalap lain saat ditikungan tentu saja berbahaya.

Perubahan bentuk desain fairing bagi setiap tim dan pembalapnya hanya diperbolehkan satu kali per musim. Pihak Dorna berharap seluruh pabrikan menyelesaikan desain fairing mereka sebelum tes pramusim yang akan digelar di Sepang, Philip Island, serta Qatar mendatang.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.