Tampil Bagus di Musim 2017, Mika Kallio Diisukan Bakal Geser Posisi Bradley Smith

0

Tampil cukup apik dalam balapan MotoGP Aragon pada pekan lalu, tes rider pabrikan KTM yaitu Mika Kalio diisukan menjadi pembalap reguler menggantikan Bradley Smith yang kurang greget di musim ini. Tiga kali mendapatkah jatah wild card, pembalap asal Finlandia tersebut sukses mempermalukan Smith pada GP Austria dan Aragon.

Mika Kalio hanya kalah satu kali yakni saat tampil di Gp Sachsenring Jerman pada bulan Juli lalu. Meski demikian catatan waktunya hanya terpaut sekitar 1 detik saja, hal yang tidak bisa dilakukan Smith pada dua laga lainnya ketika sama-sama berpartisipasi.

Pada balapan Austria, tim KTM menurunkan dua pembalap plus satu rider wildcard. Mika Kalio (wild card) berhasil tampil bagus bila dibandingkan dua pembalap KTM dengan menembus garis finish di tempat ke-10. Sementara itu Pol Espargaro gagal menuntaskan balapan lantaran mengalami technical problem, dan Bradley Smith finish di urutan ke-18.

Hal positif lainnya berlanjut di balapan Aragon, kemarin. Mika Kalio sukses menjadi pembalap tercepat kelima di sesi latihan bebas pertama, meskipun di sesi selanjutnya performanya turun dan menempati urutan ke-15.

Namun di hari berikutnya pembalap yang pernah memutuskan gantung sepatu dari ajang MotoGP tersebut sekali lagi mampu menunjukkan tajinya dengan konsisten berada di atas Smith. Berangkat dari hal tersebut, timbul spekulasi adanya perubahan posisi pada status Mika Kalio dan Bradley Smith.

Kabar mencuat itupun akhirnya sampai juga ke telinga Pit Beirer selaku Direktur Motorsport tim KTM yang sejurus kemudian mencoba untuk mendinginkan suasana.

“Dengan posisi finish ke-10 dalam kondisi hujan di Misano, Bradley menunjukkan bahwa perubahan kepala kru di dalam tim bukanlah keputusan yang buruk. Saya bahagia dengan hasil tersebut karena diatas kertas KTM tidak diunggulkan. Bradley akan terus mendapatkan dukungan penuh dari kami karena kontraknya masih sampai 2018 kedepan.” ucap Pit Beirer dikutip dari Speedweek.

Lalu, bagaimana dengan tanggapan mantan Manager Bradley Smith yakni Herve Poncharal dengan isu tersebut?

“MotoGP sudah seperti hukum rimba. Itu sudah menjadi peraturannya, dan anda harus menerima hal tersebut jika tidak bisa membuat sebuah perubahan.” tandasnya.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.