Takuya Tsuda Akan Gantikan Posisi Alex Rins di Lintasan Jerez, Spanyol

0

Pembalap rookie tim Suzuki Ecstar yakni Alex Rins terancam absen untuk mengikuti perlombaan seri keempat di sirkuit Jerez, Spanyol pasca cidera patah pergelangan tangan kirinya akibat terjatuh di Austin. Rins mengalami kecelakaan tunggal saat melakoni sesi latihan bebas. Suzuki berencana menggantikannya dengan rider tes mereka yaitu Takuya Tsuda.

Tampaknya absen Alex Rins di kompetisi musim ini akan berjalan sangat lama, terlebih sebelumnya jebolan ajang Moto2 tersebut juga masih memiliki cidera retak pada kakinya. Menurut tim medis yang menanganinya, estimasi pemulihan Rins akan memakan waktu enam hingga delapan pekan.

Sebagai catatan Alex Rins terjatuh ditikungan ke-19, tikungan yang sama dengan jatuhnya Andrea Iannone. Beruntung Iannone tidak menderita cidera yang parah. Rins pun dinyatakan absen usai mendapatkan penanganan medis dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut di pusat media Brackenridge, Austin.

Sejak memutuskan kembali ke MotoGP pada musim 2015 lalu, tim Hamamatsu Suzuki telah mendaftarkan Takuya Tsuda sebagai rider tes utama pilihan mereka. Raihan posisi runner-up di Kejuaraan Superbike Jepang membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi tim Suzuki.

Bahkan pembalap berusia 31 tahun itu juga sebelumnya pernah menggantikan posisi Alex Rins di Valencia dan Sepang kala sang rookie tertimpa cidera patah tulang punggung yang cukup parah hingga membuatnya harus absen.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di GoMotoGP, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.