Spekulasi Marquez Dan Kesalahan Terbesar Rossi Di Sachsenring

0

Pole Position sepertinya tidak menjadi jaminan yang mutlak bagi Marc Marquez di awal race Jerman kali ini. Perlahan pembalap asal Spanyol tersebut terus merosot bahkan sampai ke posisi empat setelah diovertake Rossi, Dovizioso dan Petrucci.

Motor YZR-M1 milik Valentino Rossi begitu tangguh begitupun Dua ducati yang menguasai garis depan di awal balapan. Namun perubahan cuaca menjadikan semuanya jadi serba gambling. Trek yang awalnya basah mulai mengering di lap ke-19.

Beberapa pembalap kemudian keluar trek dan masuk pit lane untuk mengganti motor dengan kombinasi ban di trek kering. Tim repsol honda yang sejak awal menyadari perubahan tersebut tidak ingin membuang kesempatan. Marquez pun mendapat intruksi untuk mengganti motornya.

The Baby Alien tidak berpikir panjang dan langsung mengambil kesempatan tersebut mengingat posisinya tidak begitu baik di lap ke-19 tersebut.

Sementara itu persaingan di garis depan antara Rossi dan Dovizioso begitu sengit sehingga keduanya enggan memasuki pit lane. Rossi pun demikian meski tim nya bahkan sampai dua kali putaran mengingatkan hal tersebut. Ban motor Rossi semakin tidak cocok di trek yang makin kering.

Rossi gagal memanfaatkan kesempatan masuk pit lane dan terlambat. Ketika Ia masuk, Marquez telah berada di garis depan dengan pilihan ban Slick yang sangat kompatibel dengan trek kering.

Hingga mencapai garis finish posisi terdepan Marquez tak tergoyahkan. Ia pun sukses menambah 25 poin sedangkan Rossi hanya mampu finish di urutan ke-8 dengan perolehan 8 poin untuk kejuaraan MotoGP 2016.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.