Sirkuit Silverstone Inggris

0

Sirkuit Silverstone dibuka pertama kali pada tahun 1949 dengan kondisi awalnya saat itu berupa bekas lapangan terbang militer kerajaan Britania Raya. Formula One (F1) menjadi ajang balap pertama yang singgah di Negeri Inggris dan baru membuka kejuaraan dunia balap motor pertama pada tahun 1977.

Sebelumnya perlombaan di Inggris telah diselenggarakan di sirkuit Isle of Man TT, namun pada tahun 1988 hingga 2009 kejuaraan balap dipindahkan kembali ke sirkuit Donnington Park.

Barulah setelah 23 tahun lamanya absen menggelar adu balap roda dua, sirkuit Silverstone akhirnya diberikan mandat untuk kembali menyelenggarakannya.

Profil Sirkuit Silverstone, Inggris

  • Panjang Sirkuit : 5,9 km (3,67 mil)
  • Tikungan ke kanan : 10
  • Tikungan ke kiri : 8
  • Trek lurus : 770 m
  • Lebar sirkuit : 15 m

Inggris juga menjadi salah satu negara penyumbang pembalap-pembalap berbakat dan terbaik dalam sejarah kejuaraan balap dunia, mulai dari Mike Hailwood, John Surtees, Phil Read, hingga Barry Sheene.

Dan di musim 2017 ini Inggris juga masih mengirimkan talenta terbaik mereka di kelas Premier melalui Cal Crutchlow, Scott Redding, Sam Lowes dan Bradley Smith.

Dengan lebih dari 60 tahun sejarah balap, Inggris akhirnya melakukan renovasi besar-besaran di sirkuit Silverstone demi bisa menjadi salah satu arena paling bergengsi di kanca motorsport.

Jumlah lap sirkuit Silverstone, Inggris

Kelas Lap 2/3 lap Total jarak
MotoGP 20 - 118.0 km
Moto2 18 12 106.2 km
Moto3 17 11 100.3 km
Investasi jutaan poundsterling pada tahun 2010 silam benar-benar merubah wajah sirkuit Silverstone menjadi salah satu lintasan balap tercepat dalam kalender MotoGP.

Selain itu bangunan ‘The Silverstone Wing’, sebuah bangunan mahakarya bernilai jutaan poundsterling yang didirikan setahun sesudahnya menjadi landmark baru di hati warga Inggris.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.