Sirkuit Sentul Batal, MotoGP Indonesia 2017 Kandas Sebagai Wacana

0

Miris memang, ketika rencana menjadi tuan rumah pada perhelatan MotoGP 2017 pupus dan terkesan sebagai wacana semata. Sampai saat ini pun status sirkuit Sentul sebagai calon arena pacuan kuda besi tersebut masih belum jelas baik proses maupun realisasinya.

Pasalnya, pemerintah dalam hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga masih harus mengkaji ulang apakah Sirkuit yang berlokasi di Bogor tersebut bisa memenuhi standar grade A yang menjadi prasyarat FIM dan juga pihak Dorna.

Dalam pertemuan bersama dengan jajaran kementrian yang menangani rencana pengajuan sirkuit Sentul tersebut, kendala utama yang menjadi pokok permasalahan adalah penentuan lokasi sirkuit. “Kami masih harus mengkaji ulang apakah Sentul memungkinkan untuk memenuhi standarisasi dari pihak FIM”, ujar Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Jumat 29 Januari 2016.

Namun yang tentu saja sangat disayangkan oleh banyak pihak, kenapa masih timbul kebimbangan dari para pembuat kebijakan tersebut. Ini adalah rencana dan jika tidak dieksekusi tentu hanya akan menjadi wacana yang takkan pernah terealisasi.

MotoGP 2017 sepertinya akan berlangsung tanpa kehadiran Indonesia sebagai tuan rumah. Selain karena permasalahan internal dan penentuan lokasi tadi, batas akhir pengajuan proses administratif ke Pihak Dorna Sport atas Indonesia menjadi tuan rumah pada perhelatan MotoGP musim depan jatuh pada hari Sabtu 30 Januari 2016.

Sebuah kemustahilan untuk mengajukan proses administratif sementara negara kita masih belum menentukan lokasi yang paten.

Sementara itu Finlandia yang juga mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah pada MotoGP 2017 sudah memulai proses pembangunan di sirkuit KymiRing, Helsinki. Sehingga kemungkinan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah pada musim depan sangatlah tipis.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.