Sirkuit Sachsenring Jerman

0

Sirkuit Sachsenring, Jerman boleh dibilang sebagai yang memiliki lintasan paling rumit dalam kalender MotoGP. Kombinasi tidak seimbang antara 10 tikungan ke kiri dan 3 tikungan ke kanan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap.

Belum lagi ditambah dengan salah satu bagian sirkuit tersebut yang terkenal dengan sebutan ‘The Waterfall’, dimana biasanya banyak pembalap terjatuh ketika memasuki tikungan kanan menurun tersebut akibat kurangnya tekanan pada sisi kanan ban pembalap.

Awalnya Jerman menyelenggarakan balapan pada tanggal 26 Mei 1927 silam, dengan menyusuri wilayah pedesaan Hohenstein-Errnstthal sepanjang 8,7 km. Saat itu perseteruan antara Jerman Barat dan Jerman Timur masih terasa kental.

Profil Sirkuit Sachsenring, Jerman

  • Panjang sirkuit : 3,7 km (2,28 mil)
  • Tikungan ke kanan : 3
  • Tikungan ke kiri : 10
  • Trek lurus : 700 m
  • Lebar sirkuit : 12 m

Salah satunya ketika rider Jerman Barat yakni Dieter Braun menang dan menyanyikan lagu kebangsaan yang akhirnya membuat Jerman Timur membatasi jumlah peserta dari Jerman Barat. Namun setelah Jerman bersatu kembali, Sachsenring kembali dibangun ulang dengan memilih area yang lebih aman serta untuk menarik kejuaraan Motorsport Internasional

Di era GP500cc, legenda balap motor yaitu Giacomo Agostini memegang rekor yang cukup fantastis dengan 6 kemenangan beruntun. Rider asal Italia tersebut menciptakan catatan luar biasa dari tahun 1967 hingga 1972 silam diatas motor MV Agusta.

Jumlah Lap Sirkuit Sachsenring, Jerman

Kelas Lap 2/3 Lap Total jarak
MotoGP 30 110.1 km
Moto2 29 19 106.5 km
Moto3 27 18 99.1 km

Dan di era MotoGP saat ini, pabrikan Honda menjadi tim paling superior bila dibandingkan dengan para kompetitor. Melalui rider andalan mereka yaitu Marc Marquez yang sukses mengantongi 8 kemenangan beruntun hingga seri kesembilan MotoGP musim 2017.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.