Sirkuit Red Bull Ring, Austria

0

Sirkuit Red Bull Ring di Austria akhirnya resmi kembali dibuka pada tahun 2016 silam, setelah 18 tahun lamanya negara tersebut memilih untuk menepi dari kompetisi balap sepeda motor. Sirkuit yang awalnya bernama Osterreichring tersebut terakhir kali menggelar adu balap motor pada tahun 1997.

Sirkuit Red Bull Ring terletak di wilayah Murtal Stryia, dibangun pertama kali pada tahun 1969 dan memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Awalnya balapan di Austria digelar di sirkuit Salzburgring dalam kurun waktu 22 tahun.

Kemudian sirkuit mengalami perombakan sejumlah spot lintasan dan berganti nama menjadi sirkuit A1-Ring sebelum akhirnya berubah kembali sebagai Red Bull Ring di tahun 2011.

Profil Sirkuit Red Bull Ring

  • Panjang sirkuit : 4,3 km (2,68 mil)
  • Tikungan ke kanan : 7
  • Tikungan ke kiri : 3
  • Trek lurus : 626 m
  • Lebar sirkuit : 13 m

Hantaran pemandangan yang memanjakan mata penonton serta tingkat elevasi lintasan yang berbeda-beda menjadi sebuah pertunjukan balap yang seru selama perlombaan digelar.

Pasca dibeli kembali oleh pendiri Red Bull yaitu Dietrich Mateschitz, sirkuit tersebut juga memiliki satu maskot menarik berupa patung banteng ‘Bull Of Spielberg’ yang berdiri setinggi 18 meter di tengah-tengah sirkuit.

Jumlah Lap Sirkuit Red Bull Ring, Austria

Kelas Lap 2/3 lap Total jarak
MotoGP 28 - 120.9 km
Moto2 25 16 108.0 km
Moto3 23 15 99.3 km

Musim 2016 yang lalu tim Ducati berhasil memborong podium satu dan dua melalui rider mereka saat itu yakni Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso. Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri rekor puasa milik tim Ducati semenjak Casey Stoner menjuarai Grand Prix Australia di tahun 2010.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.