Sirkuit Mugello, Italia

0

Sirkuit Mugello, Italia memiliki ciri khas perpaduan tikungan cepat dan lambat serta lintasan lurus terpanjang mencapai 1.141 m. Ditambah dengan hamparan pemandangan pohon berjejeran dan riuh penonton menjadikan sirkuit Mugello sebagai salah satu yang terbaik, modern, dan spektakuler di dunia.

Nama lengkap sirkuit yang dibangun pada tahun 1974 adalah Mugello adalah Grand Premio d’Italia Oakley-Autodromo del Mugello Italia. Kemudian mengalami renovasi besar-besaran di tahun 1988 oleh pihak Ferrari, lantas menjadi favorit tuan rumah MotoGP semenjak tahun 1991 hingga sekarang. Tidak hanya sering menggelar event MotoGP, sirkuit Mugello juga kerap digunakan untuk kejuaraan Superbike dan A1GP.

Profil Sirkuit Mugello, Italia

  • Panjang sirkuit : 5,2 km (3,26 mil)
  • Tikungan ke kanan : 9
  • Tikungan ke kiri : 6
  • Lebar trek : 14 m
  • Trek lurus : 1.141 m

Pembalap Yamaha Movistar yakni Valentino Rossi menjadi pembalap paling sukses di sirkuit Mugello. Selama berkarir di kelas premier, Rossi yang juga berstatus sebagai pembalap tuan rumah telah mengantongi 7 kemenangan, termasuk kemenangan beruntun yang pernah ia lakukan di musim 2002 hingga 2008 silam.

Jumlah Lap Sirkuit Mugello, Italia

Kelas Lap 2/3 lap Total jarak
MotoGP 23 - 120.6 km
Moto2 21 14 110.1 km
Moto3 20 13 104.9 km
Selain menjadi pembalap yang paling mendominasi, The Doctor juga merupakan rider yang kerap mencetak pole position. Tercatat 6 pole sudah ia bukukan, termasuk pole sitter musim lalu dimana dirinya justru gagal menyelesaikan lomba akibat mengalami masalah pada motornya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.