Sirkuit Motegi, Jepang

0

Mendengar kata sirkuit Motegi pikiran kita langsung membayangkan salah satu raksasa produsen motor di Jepang yaitu Honda. Ya, Motegi merupakan homebase sekaligus laboratorium milik tim berlambang sayap tunggal tersebut semenjak dibangun pada tahun 1997 silam.

Awalnya, negara yang terkenal dengan organisasi Yakuza tersebut menyelenggarakan kompetisi MotoGP di sirkuit Suzuka pada tahun 1999. Namun pada tahun 2003 sebuah peringatan keras dikeluarkan oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) yang menyatakan bahwa sirkuit Suzuka tidak aman lagi untuk digunakan beradu cepat menyusul tewasnya pembalap lokal mereka, Daijiro Kato.

Selain itu, sirkuit bernama lengkap Twin Ring Motegi juga memiliki keunikan tersendiri. Dinamakan Twin Ring karena sirkuit yang terletak di kota Hiyama distrik Kanto utara tersebut memiliki dua layout sirkuit, yang pertama adalah sirkuit berbentuk oval dimana saat itu Honda ingin membawa pengaruh balapan Amerika ke Jepang dan yang kedua sirkuit utama itu sendiri.

Profil Sirkuit Motegi, Jepang

  • Panjang sirkuit : 4,8 km (2,98 mil)
  • Tikungan ke kanan : 8
  • Tikungan ke kiri : 6
  • Trek lurus : 762 m
  • Lebar sirkuit : 15 m

Sirkuit Motegi menganut karakter stop and go lantaran terdapat beberapa trek lurus memangjang disertai tikungan tajam dan layout searah jarum jam (clockwise). Hal ini sesuai dengan karakter motor Honda dimana sirkuit Motegi merupakan trek ujicoba sekaligus tempat pengembangan motor balap.

Kendati menjadi markas tim Honda, bukan berarti pabrikan lainnya tidak bisa berbuat banyak. Tercatat semenjak musim 2004 hingga 2012, hanya Ducati yang mampu menyamai prestasi Honda dengan koleksi empat kemenangan melalui mantan rider mereka yakni Loris Capirossi (2005, 2006, 2007) dan Casey Stoner (2010).

Makoto Tamada menjadi satu-satunya rider Jepang sekaligus pembalap Honda yang pernah berjaya di lintasan Motegi musim 2004. Membela panji Camel Honda, Tamada berhasil merebut podium pertama di depan Valentino Rossi dan Shinya Nakano.

Jumlah Lap Sirkuit Motegi, Jepang

Kelas Lap 2/3 lap Total jarak
MotoGP 24 - 115.2 km
Moto2 23 15 110.4 km
Moto3 20 13 96 km
Gempa bumi yang melanda Jepang pada tahun 2011 yang lalu sempat membuat jadwal kompetisi MotoGP terganggu. Gempa tersebut membuat pipa pembangkit tenaga nuklir di Fukushima bocor dan memunculkan aksi boikot dari Casey Stoner lantaran jarak yang terlalu dekat dengan sirkuit.

Beruntung kejuaraan tetep berlangsung setelah Dorna memindahkan jadwal balapan yang seharusnya digelar tanggal 24 April 2011 menjadi 2 Oktober 2011. Pembalap Honda, Dani Pedrosa berhasil mengukuhkan kemenangan usai mengalahkan Jorge Lorenzo serta Casey Stoner.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.