Sirkuit Misano World Marco Simoncelli, Italia

0

Misano World Circuit Marco Simoncelli merupakan sebuah sirkuit balap bertaraf Internasional yang terletak di kota Misano Adriatico Provinsi Rimini, Italia. Sirkuit tersebut mulai dirancang pada tahun 1969 dengan panjang awal mencapai 3,4 km dan baru mulai dibangun setahun kemudian sebelum akhirnya diresmikan pada tahun 1972.

Sirkuit terbaik yang dimiliki warga Italia tersebut tercatat sudah mengalami perubahan nama sebanyak tiga kali. Pertama kali menggunakan nama Circuito Internazionale Santa Monica mulai dari tahun 1972 hingga 2006, kemudian berubah menjadi San Marino Coast Grand Prix saat menjadi tuan rumah kejuaraan MotoGP pada tahun 2007.

Dan untuk terakhir kalinya demi mengenang salah satu pembalap lokal yakni Marco Simoncelli yang tewas usai terlibat kecelakaan di sirkuit Sepang Malaysia pada tanggal 3 November 2011 silam, pemerintah setempat akhirnya mengubah nama sirkuit dengan menyematkan nama pembalap berambut kribo tersebut menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli di tahun 2012.

Profil Sirkuit Misano, Italia

  • Panjang sirkuit : 4,2 km (2,63 mil)
  • Tikungan ke kanan : 10
  • Tikungan ke kiri : 6
  • Trek lurus : 530 m
  • Lebar sirkuit : 14 m

Sirkuit Misano juga tidak lepas dari banyaknya renovasi yang dilakukan, dimulai pada tahun 1993 dengan menambah panjang lintasan menjadi 4,060 km dan fasilitas-fasilitas baru serta dibangunnya garasi pitstop. Kemudian antara tahun 1996 hingga 2001 secara perlahan fasilitas lainnya mulai diperbaharui serta tidak lupa menambah area pit dan tribun penonton.

Pada tahun 2006 sirkuit juga kembali menjalani perbaikan-perbaikan diantaranya seperti mengubah arah sirkuit menjadi searah jarum jam, diperlebarnya lintasan menjadi 14 meter, peningkatan fasilitas dan keamanan sirkuit.

Berkat kerja keras tersebut, sirkuit Misano akhirnya dipercaya kembali menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2007 dimana tim tuan rumah yakni Ducati berhasil menyabet podium utama melalui pembalap mereka saat itu, Casey Stoner.

Kendati terbilang cukup sukses dengan menjadi salah satu sirkuit yang digemari oleh para pembalap, namun sirkuit Misano sendiri menyimpan dua cerita tragedi menyedihkan. Pertama, kecelakaan hebat yang dialami oleh juara bertahan GP 500cc Wayne Rayney sekaligus mengakhiri karir balapnya di tahun 1993. Pembalap asal Amerika tersebut terjatuh dari motornya dan menderita cidera patah tulang belakang.

Jumlah Lap Sirkuit Misano, Italia

Kelas Lap 2/3 lap Total jarak
MotoGP 28 - 118.3 km
Moto2 26 17 109.9 km
Moto3 23 15 97.2 km
Kedua, masih segar di ingatan kita kecelakaan yang menimpa rider Moto2 Shoya Tomizawa pada tanggal 5 September 2010 silam. Pembalap asal Jepang tersebut tewas setelah tergelincir di lintasan dan terlindas motor Scott Redding dan Alex de Angelis yang melaju kencang dari arah belakang.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.