Sirkuit

Sirkuit Losail International Qatar

Sirkuit Losail International Qatar

“Menakjubkan” sebuah kata yang pantas disematkan untuk sirkuit Losail International yang terletak dipinggiran kota Doha, Qatar. Untuk mengubah hamparan padang pasir tandus menjadi sebuah sirkuit nan megah diatas area kira-kira seluas 4.5 km tersebut membutuhkan 1.000 orang pekerja serta menelan dana hingga $58 juta USD.

Profil Sirkuit Losail Qatar

Pertama kali digunakanTahun 2004
Panjang sirkuit5.4 km (3.34 miles).
Tikungan Kanan10
Tikungan Kiri6
Lebar Trek12 m
Trek Lurus1068 m
Kapasitas8.000

Memakan waktu lebih kurang setahun untuk merampungkan sirkuit Losail dengan kapasitas penonton hingga 8.000 orang. Tidak hanya sebatas memadukan keindahan dengan kecepatan, hamparan rumput buatan (artificial grass) yang mengelilingi sirkuit Losail Qatar tersebut juga berfungsi untuk mencegah pasir memasuki lintasan karena tiupan angin.

Perpaduan sempurna trek lurus sepanjang 1 kilometer lebih yang disambut tikungan membuat pembalap harus menurunkan kecepatan menjadi sedang ataupun tetap dengan kecepatan tinggi membuat sirkuit Losail Qatar digemari oleh banyak pembalap. Sirkuit Losail resmi digunakan untuk pertama kalinya pada event Marlboro Grand Prix 2004.

Jumlah Lap Sirkuit Losail Qatar

KelasLap2/3 LapTotal jarak
MotoGP22-118.4 km
Moto22013107.6 km
Moto3181296.8 km

Selain ditetapkan sebagai salah satu sirkuit paling “spektakuler” di MotoGP, sirkuit Losail Qatar juga menorehkan sejarah sebagai sirkuit yang pertama kali mengadakan sesi balapan malam hari sejak musim 2008 dan terus berlanjut hingga saat ini. Di atas trek megah ini, para pembalap memacu adrenalin dibawah sorotan lampu menerobos dinginnya angin malam padang pasir.

About the author

Adheens San

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.