Sirkuit Le Mans, Prancis

0

Sirkuit Le Mans, Prancis tentu bukan lintasan yang asing bagi para pembalap roda dua maupun roda empat. Sirkuit yang terkenal sebagai salah satu yang terpanjang di dunia ini juga melegenda karena selalu menjadi tuan rumah balap ketahanan 24 hours of Le Mans.

Bagian terkecil dari sirkuit atau yang biasa disebut dengan nama sirkuit Bugatti karena di desain oleh Ettore Arco Isidoro Bugatti, menjadi arena para pembalap MotoGP, WSBK, serta Formula One.

Profil Sirkuit Le Mans, Prancis

  • Panjang sirkuit: 4,2 km (2,6 mil)
  • Tikungan ke kanan: 9
  • Tikungan ke kiri: 5
  • Lebar trek: 13 m
  • Trek lurus: 674 m

Sirkuit Le Mans sendiri pertama kali menggelar event akbar Grand Prix pada tahun 1969, di mana saat itu legenda balap Giacomo Agostini menjadi pemenang pertama diatas motor MV Agusta.

Sirkuit yang berada di selatan kota Le Mans dan 200 km di tenggara Prancis memiliki panjang trek 4,2 km yang dibuat pada tahun 1965, pernah dihapus dari kalender MotoGP pasca insiden hebat yang dialami oleh pembalap asal Spanyol yakni Alberto Puig.

Le Mans juga menjadi salah satu sirkuit yang memaksa para pembalap untuk lebih memiliki pengereman akhir yang baik, serta akselerasi mumpuni.

Jumlah Lap Sirkuit Le Mans, Prancis

Kelas Lap 2/3 Lap Total jarak
MotoGP 28 - 117.2 km
Moto2 26 17 108.8 km
Moto3 24 16 100.4 km
Selain itu traksi pada roda belakang menjadi modal terpenting bagi setiap pembalap untuk bersaing semenjak lampu start dipadamkan, ditambah dengan kondisi cuaca yang kerap bergonta-ganti jelas menjadi tantangan tersendiri untuk ditaklukkan.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.