Sirkuit Jerez Spanyol

0

Keberadaan sirkuit Jerez menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta olahraga otomotif seperti MotoGP maupun balapan F1. Jerez sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Cadiz yang berada di bagian selatan Spanyol.

Tidak ada alasan lain kenapa banyak rider begitu menyukai atmosfer Jerez selain nilai-nilai historis yang terpampang jelas di setiap sudut kota. Lintasan Jerez pun sudah cukup lama digunakan untuk ajang grand prix, terhitung sejak tahun 1987 silam.

Profil Sirkuit Jerez, Spanyol

  • Panjang sirkuit: 4.4 km (2.75 miles).
  • Tikungan Kanan: 8.
  • Tikungan Kiri: 5.
  • Lebar Trek: 11 m.
  • Trek Lurus: 607 m.
  • Pertama kali digunakan: 1987

Dengan delapan lekukan dibagian kanan serta lima dibagian kiri, sirkuit ini memang bisa dibilang trek yang bersifat teknikal. Para rider harus mampu melakukan bracking corner yang pas agar tidak kehilangan keseimbangan saat mengaspal.

Meski demikian, Jerez menjadi salah satu trek favorit dikarenakan cuaca nya yang stabil. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan letaknya yang berada di atas lembah sehingga cuaca tidak akan menjadi kendala besar ketika balapan berlangsung.

Pihak Dorna pun tak perlu cemas dengan kapasitas Jerez. Berbekal 250.000 kursi yang siap diisi ketika balapan dimulai, trek ini hampir tak pernah sepi dari para penggemar dan pecinta MotoGP.

Jumlah Lap Sirkuit Jerez, Spanyol

Kelas Lap 2/3 Lap Total jarak
MotoGP 27 - 119.4 km
Moto2 26 17 115 km
Moto3 23 15 101.7 km
Selama hampir 30 tahun menyelenggarakan grand prix, lintasan Jerez telah beberapa kali dilakukan renovasi. Terakhir kali dirombak pada tahun 2002, sirkuit ini pun sudah masuk dalam kategori trek papan atas dengan keamanan yang terjamin.

Sepanjang eksistensinya pun sirkuit ini telah merampungkan 89 kali gelaran di semua kelas sejak debut pertamanya pada tahun 1987. Rider Spanyol pun menjadi tuan rumah paling sukses dengan torehan 30 kali kemenangan di semua kelas.

Meski demikian, penaklukan terbesar untuk kelas MotoGP masih berada dalam genggaman Valentino Rossi. The Doctor telah telah mengoleksi tujuh kemenangan di Jerez yang menjadikannya sebagai rider nomor satu di ranah terbesar Spanyol ini.

About Author

Founder Gomotogp.id sekaligus masih aktif mengelola beberapa personal blog hingga kini. Sebelumnya pernah bergabung bersama Droidlime.com.