Sirkuit Jerez Direncanakan Berganti Nama Demi Mengenang Luis Salom

0

Pada bulan Juni tahun lalu tepatnya di seri Catalunya, publik dikejutkan dengan tragedi meninggalnya salah satu rider berbakat di ajang balap Moto2, Luis Salom. Salah satu rider tim SAG-Kalex tersebut tewas akibat cidera yang didapatnya kala menjalani sesi FP2 tepatnya di tikungan ke-12.

Sebelum terjadi tragedi yang merenggut nyawanya, Luis sempat kembali ke pit stop untuk mengubah setingan ban belakang motornya. Namun setelah itu dia keluar dan tepat di tikungan tersebut, naas ban depan motornya aus hingga mengakibatkannya terjatuh dan tergelincir dengan kencang menabrak dinding pembatas.

Malang bagi Luis, kendati telah mendapatkan pertolongan medis namun nyawa pembalap asal Spanyol itupun tidak bisa diselamatkan. Penyebab meninggalnya Luis diketahui karena gagal jantung. Luis Salom menjadi satu-satunya rider yang meninggal di sirkuit tersebut.

Seperti dilaporkan oleh media mundodeportivo, sebuah fans club resmi milik Luis Salom kini tengah berupaya untuk mengusulkan penggantian nama sirkuit Jerez menjadi nama rider yang nyaris saja merebut mahkota ajang Moto3 di tahun 2013 silam.

Dengan dukungan pihak keluarga, mereka melakukan perbincangan dengan para pejabat-pejabat sirkuit Jerez dan proposal tersebut juga sudah diserahkan ke Walikota Mamen Sanchez.

Keinginan kerabat Luis Salom itupun mirip dengan apa yang dilakukan oleh keluarga dari mendiang Marco Simoncelli pada tahun 2012 silam, dimana nama sirkuit Misano (atau sirkuit Santa Monica) berubah menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli demi mengenang rider berambut kribo tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa Marco Simoncelli sendiri meninggal pasca mengalami kecelakaan di sirkuit Sepang Malaysia.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website GoMotoGP.