Sirkuit Catalunya, Spanyol

0

Sirkuit Catalunya merupakan salah satu yang terbaik di dunia dan mulai masuk dalam kalender kompetisi MotoGP pada tahun 1992. Sirkuit tersebut terletak di pinggiran Barcelona, atau tepatnya di kota Montmelo tersebut sering dipergunakan juga untuk ajang balap lainnya seperti Formula One, GP2, dan Spanish GT.

Dengan banyaknya tikungan lamban maupun cepat serta 1 tikungan lurus nan panjang membuat sirkuit Catalunya sering disamakan dengan sirkuit Mugello, Italia. Pabrikan Yamaha menjadi tim yang paling sukses dengan meraup 8 kemenangan.

Selanjuntya disusul oleh tim Honda yang meraih 4 kemenangan, dan terakhir pabrikan Ducati dengan 2 kali kemenangan semenjak era MotoGP 4 tak mulai diperkenalkan pada musim 2002 lalu.

Profil Sirkuit Catalunya, Spanyol

  • Panjang sirkuit : 4,7 km (2,89 mil)
  • Tikungan ke kanan : 9
  • Tikungan ke kiri : 7
  • Trek lurus : 1.047 m
  • Lebar sirkuit : 12 m

Sirkuit Catalunya memiliki beberapa hal unik maupun mitos yang beredar mulai dari pembalap yang meraih pole position di sesi kualifikasi biasanya tidak bisa mempertahankan hal tersebut pada saat balapan.

Kemudian dalam 9 tahun terakhir selalu ada nama rider Spanyol di tangga podium, dan pembalap yang mampu menjadi pemenang di GP Catalunya biasanya akan keluar sebagai juara dunia.

Contohnya rider Marc Marquez yang menang di musim 2014 juga berhasil menjadi juara dunia. Demikian juga dengan rekan senegaranya Jorge Lorenzo yang mengalami hal serupa di musim 2015 lalu.

Berbagai peristiwa baik itu sifatnya menegangkan maupun menyedihkan di dunia balap pun pernah terjadi di sirkuit Catalunya, tengok saja pada musim 2006 silam dimana 4 pembalap gagal mengikuti perlombaan usai bertabrakan di tikungan pertama.

Jumlah Lap Sirkuit Catalunya, Spanyol

Kelas Lap 2/3 Lap Total jarak
MotoGP 25 116.3 km
Moto2 23 15 107.0 km
Moto3 22 14 102.3 km

Duel epik antara dua rider andalan tim Yamaha yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, serta yang masih membekas di ingatan kita tentang kematian Luis Salom pada musim 2016.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.