Sirkuit Belgia Tengah Dipersiapkan Untuk Gelaran MotoGP 2020

0

Hingar bingar adu cepat kejuaraan balap motor roda dua MotoGP di abad ini semakin menarik saja. Belum selesai kabar dari Hungaria yang berniat untuk ikut dalam kejuaraan tersebut, kini Belgia juga siap menghidupkan kembali sirkuit Spa-Francorchamps yang pernah bersinar dari tahun 1940 hingga 1990.

Rencananya sirkuit legendaris dengan panjang lintasan mencapai 7km tersebut akan menggelar ajang MotoGP pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur sirkuit Spa Francorchamps, Nathalie Maillet kepada situs berita Crash.

“Saat ini kami tengah menyiapkan segala keperluan serta mempelajari apa saja fasilitas–fasilitas yang diperlukan untuk menyambut kembali MotoGP ke Belgia. Kami juga telah pergi ke Madrid untuk mengadakan pertemuan bersama dengan Dorna.” ucap Nathalie.

Sirkuit Spa Francorchamps pernah menggelar kejuaraan MotoGP pada tahun 1940 sampai 1990 dengan pemenang terakhirnya adalah Wayne Rainey. Sirkuit yang kental dengan nuansa cepat tersebut tidak dilengkapi dengan area run-off yang memadai untuk balapan motor hingga akhirnya dicoret dari kalender dengan alasan keselamatan.

Mantan pembalap Belgia di era GP 500cc yakni Didier de Radigues menyambut dengan optimis keputusan tersebut. Menurutnya para pembalap pasti akan menyukai layout dari sirkuit tersebut.

“Percayalah, sirkuit tersebut adalah trek yang menyenangkan bagi para pembalap. Di trek lurus para pembalap akan mencapai kecepatan hingga 350km/jam. Saya percaya GP Belgia akan menjadi tempat spesial dihati para penonton nantinya.” terang Didier.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.