Sirkuit Austin Amerika

0

Salah satu keunikan Sirkuit Austin atau Circuit of the Americas (COTA) adalah layout yang dirancang berlawanan arah jarum jam. Bukan tanpa alasan, namun layout yang tidak biasa tersebut sengaja di bangun lewat komando dari desainer handal Hermann Tilke yang juga merupakan mantan pembalap kebangsaan Jerman.

Profil Sirkuit Austin, Amerika

  • Panjang sirkuit: 5.5 km (3.43 miles).
  • Tikungan Kanan: 9.
  • Tikungan Kiri: 11.
  • Lebar Trek: 15 m.
  • Trek Lurus: 1200 m.
  • Pertama kali digunakan: 2013

Lintasan yang berlokasi di tanah koboi (Texas) ini pun punya karakter tanjakan dan turunan yang cukup merepotkan para pembalap. Bukan hanya itu, beberapa tikungan pun terkesan sangat sempit bahkan nyaris membentuk huruf V.

Terlepas dari karakter uniknya tersebut, tentu sirkuit dengan panjang hampir 5.5 km ini menjadi arena adu cepat serta strategi bagi pembalap dan pabrikan. Meski Hermann Tilke merancang lintasan ini tanpa subjektivitas ke tim manapun, namun fakta berbicara lain ketika honda selalu mendominasi balapan di kelas MotoGP.

Sejak pertama kali menggelar balapan motor pada tahun 2013 lalu, tren kemenangan tak pernah lepas dari genggaman rider Repsol Honda, Marc Marquez. Empat kali sudah pria kelahiran Spanyol tersebut membukukan gelar di Austin. Catatan positif yang pantas baginya untuk menyandang sebutan Mr. America dari warga Texas.

Jumlah Lap Sirkuit Austin, Amerika

Kelas Lap 2/3 Lap Total jarak
MotoGP 21 - 115.8 km
Moto2 19 12 104.7 km
Moto3 18 12 99.2 km

Meski masih tergolong muda di jajaran sirkuit legendaris MotoGP lainnya, namun lintasan COTA tetap menawarkan atmosfir yang tak kalah mewahnya. Dengan kapasitas yang mampu menampung hampir 120.000 penonton, bisa dipastikan antusiasme penggemar akan sangat tinggi ketika balapan di gelar. Tentunya, fasilitas mewah yang disediakan pun membuat penonton merasa nyaman datang ke arena yang merupakan kebanggan negeri Paman Sam ini.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.