Sirkuit Assen, Belanda

0

Sirkuit TT Assen adalah salah satu sirkuit di negara Belanda yang tempatnya berada dekat di kota Assen dan dipergunakan untuk kejuaraan MotoGP atau Superbike.

Sirkuit yang dibangun pada tahun 1954 tersebut diperuntukkan sebagai pengganti ajang balap TT Belanda yang sebelumnya diselenggarakan di jalan umum.

Sirkuit ini hanya memiliki lebar berukuran 14 meter, jelas akan menjadi tantangan tersendiri bagi para rider untuk bisa tampil cepat namun tetap berhati-hati. Selain itu banyaknya perubahan tikungan secara cepat juga memaksa para rider seperti menari-nari di lintasan khas flowly.

Profil Sirkuit Assen, Belanda

  • Panjang sirkuit : 4,5 km (2,82 mil)
  • Tikungan ke kanan : 12
  • Tikungan ke kiri : 6
  • Trek lurus : 487 m
  • Lebar sirkuit : 14 m

Sirkuit yang mendapatkan julukan “The Cathedral” tersebut tidak pernah berhenti menyelenggarakan ajang balap motor semenjak tahun 1949. Biasanya Assen menggelar balapan di hari Sabtu demi menghormati para warga yang ingin beribadah di hari Minggu, namun mulai musim 2015 silam balapan akhirnya dipindahkan ke hari Minggu.

Sirkuit Assen sendiri pada awalnya memiliki total panjang 7,7 km, dan terjadi perubahan layout kini menjadi 4,5 km saja. Selain itu, sirkuit Assen juga mengalami renovasi pada tahun 1999 silam dan modifikasi diantaranya seperti penambahan tribun  baru, menara kontrol, pers centre, serta renovasi pit.

Jumlah Lap Sirkuit TT Assen, Belanda

Kelas Lap 2/3 Lap Total jarak
MotoGP 26 118.1 km
Moto2 24 16 109.0 km
Moto3 22 14 99.9 km

Valentino Rossi menjadi rider paling moncer dengan mengantongi 7 kali kemenangan, kemudian disusul oleh Marc Marquez serta Jorge Lorenzo di urutan selanjutnya membawa 1 kemenangan.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.