Sirkuit Aragon, Spanyol

0

Semenjak musim 2010 yang lalu, sirkuit Motorland Aragon, Spanyol resmi menjadi tuan rumah kejuaraan balap MotoGP menggantikan sirkuit Balantoring Hungaria yang tidak kunjung selesai proses pembangunannya. Sirkuit yang memiliki nama lengkap Ciudad del Motor de Aragon tersebut menjadi lintasan balap ke-4 bagi Spanyol setelah sirkuit Jerez, Catalunya, dan Valencia.

Terletak di kota Alcaniz, sirkuit Aragon didesain oleh arsitek kenamaan asal Jerman yakni Hermann Tilke dengan mengikuti instruksi dari lembaga-lembaga setempat yang menginginkan sirkuit berfasilitas super lengkap. Hasilnya, pada tahun debutnya sirkuit Aragon mendapatkan penghargaan dari IRTA sebagai Best Grand Prix of The Year.

Terdapat 3 area seperti area taman teknologi, area olahraga, dan area budaya serta rekreasi. Pada zona taman teknologi para penonton yang hadir bisa mengunjungi institusi riset dan pendidikan seputar industri motor. Lalu di area olahraga terdapat berbagai macam layout lintasan balap, dan terakhir zona budaya serta rekreasi ada banyak hotel sekaligus pusat perbelanjaan.

Profil Sirkuit Aragon, Spanyol

  • Panjang sirkuit : 5,1 km (3,15 mil)
  • Tikungan ke kanan : 7
  • Tikungan ke kiri : 10
  • Trek lurus : 968 m
  • Lebar sirkuit : 15 m

Sirkuit Aragon boleh dibilang merupakan arena yang menyenangkan bagi para pembalap lokal seperti Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo lantaran ketiganya pernah mencicipi manisnya podium utama.

Selain itu ada nama rider non Spanyol yang memiliki catatan mentereng yaitu Casey Stoner dengan dua kali kemenangan beruntun pada musim 2010 dan 2011. Bahkan, pembalap yang dinobatkan sebagai legenda MotoGP tersebut melakukannya dengan dua pabrikan berbeda, Ducati serta Honda.

Jumlah Lap Sirkuit Aragon, Spanyol

Kelas Lap 2/3 lap Total jarak
MotoGP 23 - 116.8 km
Moto2 21 14 106.6 km
Moto3 20 13 101.5 km

Adapun sirkuit Aragon juga masuk menjadi salah satu sirkuit yang belum pernah ditaklukkan oleh Valentino Rossi semenjak berpartisipasi pada tahun 2010. Prestasi terbaik The Doctor hanya sampai pada podium ketiga di musim 2013 dan 2015.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.