Setiap Pembalap Harus Menggunakan Ban Hard Pada FP1 Dan FP2 GP Argentina

0

Dalam gelaran sesi latihan bebas sesi pertama dan kedua untuk kelas MotoGP, ada peraturan baru dimana para pembalap diharuskan menggunakan kompon ban hard. Selain itu setiap pembalap juga harus menyelesaikan lima putaran secara beruntun dengan menggunakan ban tersebut.

Seperti dilaporkan oleh Motorsport, Race Direction sendiri akan mengkonfirmasi pihak Michelin untuk menyediakan ban berkompon hard pada kompetisi musim ini. Hal tersebut menyusul insiden pecah ban yang dialami oleh pembalap asal Inggris yakni Scott Redding dimana saat menjalani sesi FP4 pada musim lalu di sirkuit yang sama.

Pasca kejadian tersebut, pihak penyelenggara langsung memangkas jumlah lap MotoGP Argentina dan menerapkan flag to flag. Balapan tersebut pun dimenangkan oleh Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa.

Jika para pembalap tidak mengikuti intruksi tersebut, maka akan dikenakan sanksi berupa penurunan posisi start pada hari Minggu sebanyak enam grid.

Untuk balapan pada pekan kali ini pun, produsen asal Perancis tersebut telah menyiapkan empat tipe ban depan diantaranya band berkompon hard, medium, serta soft. Untuk kompon hard dan medium menggunakan casing yang sama seperti pada balapan pembuka, sementara kompon soft sendiri pihak Michelin membuatnya dengan casing lebih kaku.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.