Seri Pembuka Qatar Jadi Mimpi Buruk Bagi Cal Crutchlow

0

Rider asal Inggris Cal Crutchlow gagal mendulang poin pada seri pembuka MotoGP Qatar yang baru saja digelar beberapa hari lalu. Status DNF didapat Crutchlow usai terlempar keluar lintasan saat balapan baru memasuki lap ke-4.

Ini tentu menjadi mimpi buruk baginya. Pasalnya selama rangkaian seri pembuka Qatar berlangsung, terhitung ada dua kali pembalap LCR Honda tersebut harus mencium aspal. Ironisnya, keputusan penggantian ban lah yang menjadi awal dari petaka tersebut.

Sebelum balapan ditunda, Cal Crutchlow telah siap dengan komposisi ban bertipe hard yang akan Ia gunakan pada motornya. Sebab bukan hal yang lumrah lagi kalau Honda kesulitan dengan akselerasi di sirkuit tersebut, dan jalan keluarnya adalah menggunakan ban dengan komponen hard.

Race Direction kemudian mengumumkan bahwa balapan ditunda dan jumlah lap dikurangi dari ketentuan normal dikarenakan kelembaban lintasan yang meningkat dan suhu yang mengalami penurunan drastis. Saat itulah suami dari Lucy Heron tersebut mengambil keputusan yang keliru.

Sama halnya dengan Marc Marquez, Crutchlow memutuskan untuk mengganti ban depan dengan komponen medium. Alasannya jelas, suhu semakin turun dan ban hard tidak akan banyak membantu. Namun ternyata itu sebuah kesalahan yang fatal, khususnya bagi pengendara motor bermesin honda.

“Keputusan mengganti ban sesaat sebelum balapan dimulai adalah hal terbodoh yang pernah saya lakukan. Kami sebenarnya potensial untuk bersaing di lima besar. Namun ban saya tiba-tiba kepanasan dengan sangat cepat dan sulit dikendalikan. Saat itulah saya terjatuh”, pungkas pemenang GP Australia musim lalu tersebut.

About Author

Founder GoMotoGP sekaligus masih aktif mengelola beberapa personal blog hingga kini. Sebelumnya pernah bergabung bersama Droidlime.com.