Sentul Resmi Menjadi Tuan Rumah MotoGP 2017

0

Sirkuit sentul resmi menjadi tuan rumah pada perhelatan MotoGP 2017 nanti setelah tercapainya kesepakatan antara pemerintah dan pihak otoritas MotoGP (Dorna).  Kementrian Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menandatangani letter of intent (LOI) dengan pihak Dorna dalam rangka legalisasi penggunaan sirkuit Sentul pada 20 November kemarin, sebagaimana diberitakan di Crash.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Harapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pada ajang MotoGP kian menjadi kenyataan. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Mengingat sirkuit Sentul tersebut harus dirombak sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat “layak” pakai dalam ajang pacuan kuda besi bertaraf internasional itu.

Pengelola Sirkuit sentul yang diwakili oleh Tinton Soeprapto menyampaikan bahwa kondisi sirkuit saat ini memang belum memenuhi kriteria standar internasional. Sehingga diperlukan kerja keras untuk menjadikan arena yang terletak di desa Sentul, Bogor tersebut siap pakai pada perhelatan MotoGP 2017 mendatang.

Adapun rencana perombakan yang akan dilakukan yaitu memperpanjang arena sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah dalam balapan MotoGP 1996-1997  tersebut dari 3,9 KM menjadi 4,4 KM. Selain itu, jumlah tikungan akan bertambah dari 11 menjadi 14 tikungan.

“Kita memiliki banyak masyarakat pecinta MotoGP, pabrikan motor terbesar pun menjadi ikon bangsa Indonesia, sehingga sangat disayangkan jika kita tidak mengambil bagian menjadi tuan rumah dalam ajang balapan paling bergengsi tersebut”, pungkas Soeprapto (dikutip dari crash).

Demikian perkembangan berita MotoGP jelang musim 2016, dengan terwujudnya sentul menjadi salah satu sirkuit MotoGP kiranya akan membawa keterlibatan Indonesia di ajang olahraga balapan bertaraf Internasional ini.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.