Selamat Jalan John Surtees Sang Legenda Balap Grand Prix

0

Dunia grand prix kembali berduka dengan meninggalnya salah satu pembalap fenomenal, John Surtees. Pembalap kelahiran Inggris tersebut menutup usia pada Jumat (10 Maret 2017) di Rumah Sakit St George, London, Inggris.

John Surtees menjadi legenda dalam dunia balap berkat prestasinya yang luar biasa enam dekade yang lalu. Di era 1950-an Surtess sukses menjuarai ajang balap MotoGP yang saat itu dikenal dengan balapan kelas 500cc.

Empat kali juara dunia berhasil dibukukannya masing-masing pada tahun 1956, 1958, 1959 dan 1960. Tak hanya sukses di arena balap roda dua, pria kebangsaan Inggris itu juga telah mengukir sejarah manis dalam ajang balapan F1.

Tepat di tahun 1964 Surtess mengukuhkan gelar juara dunia bersama tim Ferrari. Keberhasilan di dunia balap tersebut membuat namanya masuk dalam salah satu legenda MotoGP dan tentu saja legenda balap sepanjang masa.

Surtees mengakhiri karirnya dalam balapan pada tahun 1972. Meski demikian kontribusinya tidak berhenti begitu saja. Ia mendedikasikan pengalamannya untuk membangun yayasan Henry Surtees Foundation. Sebuah lembaga non profit  yang bertujuan untuk membantu orang-orang dengan luka kecelakaan agar tetap mengembangkan kemampuan mereka.

Setiap pengalaman, kontribusi, dan dedikasi tentu akan membuat nama John Surtees abadi. Semoga sang legenda bisa beristrahat dengan tenang di alam sana.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.