Rossi Sukses Meluluhlantakkan Skuad Spanyol Di Catalunya

0

Bayang-bayang kejadian di tanah sendiri dua pekan lalu sepertinya telah sirna dan menjadi motivasi tersendiri bagi Rossi untuk memberikan performa terbaik di Catalunya. Setelah gagal mendapatkan poin di Mugello, Valentino Rossi berjanji takkan membuat penggemarnya kecewa lagi.

Janji itupun sukses Ia penuhi. Berbekal pengalaman dan kepiawaiannya dalam mengendalikan motor YZR-M1 nya The Doctor sukses meraih podium pertama meski memulai balapan dari grid kelima. Bahkan Rossi sempat kesusahan diawal race.

Di Depannya ada 3 pembalap Spanyol yang tak perlu diragukan lagi dan memiliki track record yang sangat baik di Catalunya.

Overtake pertama Rossi terjadi dilap ketiga saat Ia dengan sangat baik melewati Dani Pedrosa dan menciptakan jarak yang cukup signifikan. Rossi terus membalap dengan cara yang sama. Menambah kecepatan motornya hingga memiliki kesempatan yang tepat untuk menyalip Marquez.

Setelah sukses menyalip Marquez, tidak begitu sulit bagi pembalap Italia tersebut untuk meng-overtake Lorenzo yang memang berjarak sangat dekat dengannya. Rossi pun memimpin balapan hingga mencapai garis finish.

Kemenangan itu tentu tak semulus yang dibayangkan. Marquez yang membuntutinya dari lap ketujuh beberapa kali melakukan ancaman yang cukup agresif. Bahkan di dua lap terakhir Marquez sempat menyalip Valentino.

Bukan hal yang mudah tentunya untuk menaklukkan sang tuan rumah yang sebelumnya meraih pole position itu. Namun Marquez berada dalam batas maksimalnya dan Rossi tahu keadaan itu. The Doctor melakukan overtake sebelum memasuki last lap, dan disaat yang sama Marquez sedikit melebarkan motornya dan kehilangan kesempatan.

Rossi semakin dekat dengan kemenangan dan Marc Marquez menyadari bahwa posisi dua adalah langkah aman baginya. Podium pertama akhirnya menjadi milik pembalap movistar yamaha, Valentino Rossi. Sebuah kemenangan fantastis sejak 2006 dan ini adalah kemenangan Valentino yang ke-enam kalinya di Catalunya.

Dalam dua musim terakhir juara GP Catalunya memiliki tendensi yang besar bahkan akhirnya sukses menjadi juara dunia MotoGP. Marquez di tahun 2014 dan Lorenzo pada musim lalu. Akankah Rossi juga bisa menempuh jalan takdir yang serupa?

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.