Resmi! Yamaha Berikan Jatah Wild Card Kepada Katsuyuki Nakasuga di GP Jepang

0

Tim Yamaha Movistar bakal menurunkan tiga pembalapnya pada balapan ronde ke-15 seri Motegi, Jepang. Selain dua pembalap utama mereka yakni Valentino Rossi dan Maverick Vinales, pabrikan Iwata tersebut akan mendapatkan tambahan tenaga ekstra dari tes rider Katsuyuki Nakasuga melalui fasilitas wild card.

Sudah menjadi kebiasaan semenjak musim-musim sebelumnya bagi pabrikan Jepang entah itu tim Yamaha maupun Honda untuk menurunkan pembalap lokal dengan menggunakan jatah wildcard. Dan pada race nanti, Nakasuga akan berpartisipasi untuk keenam kalinya. Rider berusia 35 tahun tersebut bakal menggunakan paket motor yang sama dengan dua pembalap reguler tim Yamaha.

Itu artinya ada part-part ataupun bagian baru yang Yamaha percayakan kepada Nakasuga untuk dicoba pada race MotoGP Jepang nanti, yang tentunya bermanfaat bagi Rossi dan Vinales di musim 2018 mendatang.

Katsuyuki Nakasuga sudah menjadi bagian dari tim Yamaha semenjak tahun 2002 dimulai dari kelas 250cc dan baru dipercaya menjadi rider pengganti tim garputala saat itu yakni Jorge Lorenzo pada musim 2011. Musim berikutnya pria yang lahir di kota Fukouka tersebut barulah mendapatkan jatah wildcard pertamanya di Grand Prix Motegi dan finish di urutan ke-9.

Penampilan fantastis lainnya dicetak oleh Nakasuga kala dipercaya kembali oleh Yamaha untuk menggantikan peran Ben Spies di musim 2012 pada seri final. Berlaga di kondisi lintasan yang terbilang cukup tricky, Nakasuga berhasil meraih finish kedua di belakang Dani Pedrosa sekaligus menjadikan namanya sebagai satu-satunya pembalap Jepang yang mampu mencetak podium di semua kelas pada tahun tersebut.

Adapun Nakasuga juga baru saja menjadi pahlawan Yamaha bersama dengan dua pembalap lainnya, Michael Van der Mark dan Alex Lowes dengan menyabet kemenangan di race Suzuka 8 Hour pada bulan Juli kemarin. Kemenangan tersebut menjadikan pabrikan Yamaha sebagai tim yang mampu menang secara beruntun, terhitung mulai dari tahun 2015 hingga 2017.

Nakasuga tidak akan menjadi satu-satunya pembalap lokal yang turun di balapan Motegi. Masih ada satu nama lagi yakni tes rider HRC, Hiroshi Aoyama yang ditunjuk sebagai pengganti Jack Miller di tim Marc VDS.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.