Cuaca Besok Rabu 27 Maret 2024, Waspada Jawa Tengah Hujan Deras Potensi Banjir

Cuaca Besok Rabu 27 Maret 2024, Waspada Jawa Tengah Hujan Deras Potensi Banjir

Hujan--

Pada hari Kamis (28/3), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Dalam peringatan tersebut, BMKG menekankan adanya ancaman cuaca buruk akibat hujan lebat yang berpotensi menimbulkan dampak bencana, seperti banjir dan tanah longsor.

Dikutip dari akun Instagram BMKG pada Rabu (27/3), wilayah-wilayah di Jawa Tengah, termasuk Kota Salatiga dan Temanggung, dinyatakan dalam status Waspada bencana akibat potensi dampak hidrometeorologi yang diakibatkan oleh hujan lebat.

Hidrometeorologi adalah ilmu yang mempelajari fenomena yang terjadi di antara atmosfer dan permukaan bumi, yang mencakup peristiwa seperti banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, peringatan ini harus diambil dengan serius untuk mengantisipasi potensi bencana yang mungkin terjadi.

Berikut wilayah di Jawa Tengah yang berpotensi mengalami hujan lebat dengan kategori Waspada bencana hidrometeorologi:

Boyolali
Wonosobo
Semarang
Purworejo
Klaten
Magelang
Temanggung
Kota Salatiga

Beberapa wilayah di Jawa Tengah yang diprediksi berpotensi mengalami hujan lebat dengan status Waspada bencana hidrometeorologi antara lain Boyolali, Wonosobo, Semarang, Purworejo, Klaten, Magelang, Temanggung, dan Kota Salatiga.

Prakiraan cuaca menyatakan bahwa hujan lebat dengan kategori Waspada bencana ini berlaku mulai dari Kamis, 28 Maret 2024 pukul 07.00 hingga Jumat, 29 Maret 2024 pukul 07.00. Masyarakat di wilayah-wilayah yang terpengaruh diimbau untuk tetap waspada dan siap menghadapi potensi dampak buruk yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem tersebut.

TAG:
Sumber:

Berita Lainnya