Rapor Merah Marquez di Motegi, Sebuah Catatan yang Mesti Dibenahi

0

Seri ke-15 MotoGP 2016 akan digelar pada akhir pekan depan (16/10/2016) di markas besar Honda, sirkuit Motegi – Jepang. Sebuah kebanggan besar bagi tim repsol honda bahwa kali ini mereka datang sebagai tim dengan perolehan poin paling banyak (403 poin) masing-masing dari Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Lagi-lagi, Marc Marquez akan menjadi fokus sentral di atas lintasan Motegi musim ini. Dengan interval poin yang sangat signifikan (52 poin dari rival terdekatnya), the baby alien harusnya bisa tampil prima dan tanpa tekanan di kandang timnya tersebut. Tetapi kenyataannya tidak demikian!

Bayang-bayang Rossi sebagai pesaing terdekatnya dan Lorenzo yang menguasai Motegi dalam tiga tahun terakhir tentu masih menghantui Marquez. Bukan hanya soal juara dunia yang semakin dekat dalam genggamannya. Tetapi Motegi, ini adalah lintasan yang tak pernah ditaklukan Marquez semenjak bergabung di kelas premier pada 2013 lalu.

Tiga musim beruntun marquez gagal meraih kemenangan, meski di tahun 2013 dan 2014 Ia sukses menjadi kampiun. Di tahun Ia menjadi juara dunia tersebut, catatan terbaiknya di atas trek Motegi hanyalah menjadi runner up. Musim lalu pembalap kelahiran Spanyol ini bahkan gagal naik podium dan harus puas di posisi empat.

Catatan sejarah Marc Marquez di atas lintasan Motegi ini tentu menjadi potret tersendiri bagi dirinya. Alih-alih ingin memperlebar poin, Motegi bisa saja memberikan hasil yang sebaliknya. Dengan kata lain, gelar juara dunia belum terkunci di tangan Marquez dan masih terbuka peluang bagi sang rival, Valentino Rossi.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.