Raih Podium Perdana, Vinales Makin Sulit Memutuskan Untuk Tetap Bersama Suzuki Atau Menerima Tawaran Yamaha

0

Maverick Vinales sukses menebar kebahagiaan bagi tim suzuki ecstar pasca meraih podium perdana di sirkuit Le Mans Perancis. Suzuki seakan bangkit setelah sekian lama yaitu sejak 2008 silam dimana Loris Capirossi menjadi yang terakhir dalam menyumbangkan podium bagi suzuki.

Kini lewat pembalap muda Spanyol, suzuki mampu untuk unjuk gigi dan bersaing dengan pabrikan sekelas Yamaha dan Ducati. Hal ini sesuai dengan visi Suzuki untuk memperkecil gap dengan tim-tim papan atas selama perhelatan MotoGP musim 2016.

Maverick Vinales memang membalap dengan sangat baik. Ia start dari posisi delapan dan terus melakukan overtake termasuk atas rekan setimnya Aleix Espargaro. Menjelang balapan berakhir, Vinales berada diposisi lima. Namun pasca jatuhnya Marquez dan Dovi yang menempati urutan tiga dan empat, Vinales mendapat keuntungan dan mengamankan posisi tiga.

Podium bagi Vinales tentu bukanlah sebuah kebetulan atau keberuntungan atas jatuhnya Dovi dan Marquez. Sebab begitulah hukum balapan, terjatuh dan gagal mencapai garis finish adalah hal yang lumrah.

Meski demikian kemenangan Vinales ini justru menjadi pertimbangan yang sulit baginya untuk memutuskan apakah akan tetap bersama Suzuki ataukah membalap untuk meraih kemenangan bersama Yamaha. Vinales pernah menuturkan bahwa tujuan dirinya masuk dalam perhelatan MotoGP adalah untuk meraih kemenangan.

Tujuan tersebut menjadi pertimbangan berat baginya untuk menolak tawaran Yamaha yang merupakan wadah atas winning package bagi setiap pembalap. Disisi lain Suzuki sedang berjuang begitu keras untuk melakukan upgrade maksimal atas semua sisi demi Vinales.

“Keputusan ini sepertinya semakin sulit, namun semakin hari akan semakin jelas dan saya harus memutuskan apapun itu”, ungkap Vinales dilansir dari berita MotoGP Crash.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.