Private Test Bagi Stoner Di Sirkuit Losail, Qatar Batal Karena Tak Sesuai Regulasi MotoGP

0

Tes pra musim Qatar baru saja berlalu, namun polemik antara pihak Ducati dan MotoGP sempat memanas. Hal ini disebabkan karena adanya salah paham (misunderstanding) antara pihak Ducati dan MotoGP terkait dengan beberapa butir peraturan sebelum perhelatan balapan utama di setiap musim.

Ducati memang telah membuat rencana dan juga kesepakatan dengan pihak pengelola sirkuit Losail, bahwa pabrikan tersebut akan mengadakan tes khusus (private test) selama dua hari (6 dan 7 Maret) setelah tes pra musim. Dan Casey Stoner lah rider yang akan menjalani private test tersebut.

Dengan kata lain, pihak Ducati akan menggunakan arena sirkuit Losail sebagai tempat bagi Stoner untuk berlatih sekaligus mengumpulkan data jelang perhelatan MotoGP 2016 yang akan berlangsung pada 17-20 Maret mendatang.

Namun, peraturan MotoGP tidak menghendaki hal tersebut. Selain karena alasan akan adanya “kecemburuan” dari pabrikan lain, juga regulasinya jelas. Sebagaimana di kutip dari berita MotoGP Crash, regulasi pihak MotoGP menyebutkan “private tests are not permitted within 14 days of a GP event at the same circuit.”

Artinya tidak ada satupun private test yang diperbolehkan dalam 14 hari jelang perhelatan MotoGP di sirkuit yang sama. Jika Ducati melakukan private test dengan menjadikan Stoner sebagai test rider mereka, maka hal ini sangat jelas akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pabrikan tersebut.

Data tentang kecepatan, pengaturan mesin, ban, dan berbagai bentuk teknikal lainnya akan diperoleh lewat private test tersebut. Larangan MotoGP kiranya sangat adil, mengingat perhelatan MotoGP 2016 perdana akan berlangsung di tempat yang sama, yaitu Losail, Qatar pada 20 Maret mendatang (tepat 14 hari dari sekarang).

Akhirnya lewat akun twitternya pihak Ducati legowo dan mereshedule ulang rencana private testnya. Kemungkinan akan berlangsung pada 21 dan 22 Maret tepat setelah pembukaan MotoGP 2016 perdana.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.