Pihak Michelin Siap Menyongsong Kompetisi Balap MotoGP Musim 2017

0

Produsen ban asal Perancis yakni Michelin telah ikut menyelesaikan tiga sesi tes pramusim bersama dengan para pembalap MotoGP. Dan kini, Michelin mengaku telah memiliki pandangan yang jelas pada balapan pertama nanti di sirkuit Losail, Qatar. Hal tersebut berkenaan dengan beberapa perubahan aturan serta teknologi baru yang akan diterapkan.

Salah satu perubahan besar untuk musim balap 2017 mendatang adalah penggunaan sistem ‘Tyre Detection System’, dimana alat tersebut akan beroperasi dengan menggunakan teknologi nirkabel yang membantu dalam mengidentifikasi setiap jenis ban para pembalap. Nantinya semua ban yang digunakan akan memiliki ID unik yang selanjutnya dilakukan scanning melalui alat TAPS (Tyre Air Pressure Sensor).

Hasil scanning tersebut akan dikirimkan kepada pihak pencatat waktu di setiap sirkuit. Pihak Dorna selaku penyelenggara lantas menyiarkan informasi tersebut sehingga para penonton baik itu yang datang langsung ke sirkuit maupun lewat TV, sehingga para penonton dapat mengetahui ban yang digunakan oleh setiap jagoannya.

Melalui Wakil Direktur dan juga Direktur Teknis Program MotoGP milik Michelin, Nicolas Goubert, menyambut dengan gembira perubahan tersebut dan menganggap sebagai bagian dari pengembangan ban MotoGP. Nicolas juga berjanji bahwa pihaknya akan selalu bekerja keras demi memberikan ban terbaik bagi para pembalap selama berlangsungnya kompetisi.

“Kami telah menjalani serangkaian tes yang sukses dan sekaligus mengkonfirmasi arah pengembangan yang akan kita ambil untuk musim 2017. Para pembalap juga memberikan umpan balik yang sangat menguntungkan bagi kami, sehingga kita tahu kemana arah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka nantinya di dalam balapan.”

“Kami juga senang dengan perubahan baru dan juga system deteksi jenis ban tersebut. Kami memberikan tiga pilihan ban depan dan ban belakang jenis slick dimana nantinya para pembalap beserta timnya akan memiliki keputusan yang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi perlombaan. Kita tentu berharap untuk musim 2017 nanti memiliki semangat yang lebih dari musim sebelumnya.” tandasnya.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.