Persaingan Tim Merata, Bos Tech3 Ingin Rider Satelit Menjadi Juara Dunia

0

Meratanya persaingan kompetisi balap musim ini yang melibatkan antara rider tim pabrikan dengan tim satelit mendapatkan banyak komentar, salah satunya dari pemilik tim Tech3 yakni Herve Poncharal. Pria yang juga menjabat sebagai Presiden IRTA tersebut menilai pertarungan para rider dengan yang lainnya menjadi seimbang.

Hilangnya kesenjangan tersebut sudah muncul pada musim lalu, tepatnya ketika ada 9 nama pemenang berbeda yang berhasil keluar di akhir seri. Dari ke-9 nama tersebut ada dua rider tim satelit yakni Jack Miller dan Cal Crutchlow.

Sementara di musim ini meski belum ada nama rider tim satelit yang muncul sebagai pemenang, namun sudah ada 4 nama rider yang sukses mencuri podium diantaranya Cal Crutchlow, Johann Zarco, Danilo Petrucci, dan terakhr Jonas Folger.

Poncharal menilai penggunaan elektronik-elektronik terutama ECU yang seragam membuat semua pembalap di musim ini memiliki kesempatan untuk menjadi pemenang.

“MotoGP tidak hanya sebatas balap motor saja, namun juga membutuhkan sebuah pertunjukan. MotoGP butuh pertarungan yang sengit antar satu pembalap dengan yang lainnya sehingga balapan menjadi sangat kompetitif. ECU tunggallah yang membuat jarak antara tim besar dan tim kecil menjadi hilang.” kata Poncharal seperti dikutip dari Crash.net.

Pria asal Prancis itupun berharap kompetisi seperti ini akan terus bertahan hingga musim-musim berikutnya, bahkan jika bisa pembalap satelit haruslah keluar sebagai juara dunia.

“Rasanya jelas akan menyenangkan bagi mereka yang mengendarai motor satelit bisa mengalahkan rider pabrikan. Saya ingin pembalap seperti Petrucci, Cal, ataupun Jonas kerap menang di musim ini. Namun situasi tersebut jelas sulit karena masih ada Valentino dan Maverick yang jelas menutup musim ini dengan hasil lebih bagus.” pungkasnya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.