5 Pembalap Muda Yang Mendapat Kesempatan Masuk Ke Akademi Motor Milik Rossi (VR46 Academy)

0

Valentino Rossi, selain sebagai pembalap yang bisa dibilang telah mumpuni akan pengalaman, juga telah menyiapkan regenerasi atas balapan motor yang menjadi bagian besar dari kehidupannya. Itulah alasan kenapa Akademi pembalap VR46 atau yang dikenal dengan VR46 Riders Academy dibentuk oleh pembalap fenomenal asal Italia tersebut.

Awal maret 2016 lalu, Rossi telah dikontrak pabrikan Yamaha kurang lebih selama 3 tahun untuk memajukan akademinya. Yamaha akan menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Sebagai imbalanya, pabrikan tersebut juga memiliki kesempatan untuk mengirimkan rider potensial ke akademi vr46 tersebut.

Baru beberapa bulan berjalan, namun kerjasama yang baik telah tercipta antara Rossi dan pabrikan yang saat ini Ia naungi dalam balapan MotoGP tersebut.

Belum lama ini dikabarkan bahwa  Yamaha akan mengirim lima pembalap muda berbakat di kelas 250 cc dari Asia Road Racing Championship. Kelima pembalap tersebut akan dilatih oleh Rossi dan tim VR46 Academy serta bergabung dengan rider lain yang sebelumnya telah berada di akademi.

Kelima pembalap tersebut adalah Galang Hendra Pratama (17, Indonesia), Peerapong Loiboonpeng (21, Thailand), Soichiro Minamimoto (16, Jepang), Kasma Daniel bin Kasmayudin (16, Malaysia), dan Imanuel Putra Pratna (19, Indonesia).

Ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Indonesia, karena dari kelima rider muda tersebut ada dua orang yang berasal dari negeri kita. Belajar langsung dari Valentino Rossi tentu akan mendatangkan hasil yang baik dan pengalaman yang sangat berharga. Apalagi saat ini, Akademi tersebut telah mencetak beberapa nama yang cukup mentereng dalam balapan Moto3 seperti Romano Fenati dan Nicolò Bulega serta Luca Marini di Moto2.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.