Strategi Jitu, Repsol Honda Datangkan Nicky Hayden di Phillip Island

0

Mantan juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden akan kembali turun ke arena Grand Prix akhir pekan ini. Untuk kedua kalinya setelah membalap bersama tim Marc VDS di Aragon, Hayden lagi-lagi akan merasakan aroma kompetisi yang kompleks.

Kali ini pembalap Amerika tersebut akan memperkuat skuad repsol honda yang kehilangan Dani Pedrosa sejak di Motegi, Jepang beberapa hari lalu. Pedrosa masih harus menjalani perawatan medis akibat cidera selangka kanan yang dialaminya.

Ketika melakoni balapan di Jepang, repsol honda mendatangkan rider tuan rumah, Hiroshi Aoyama sebagai pengganti Dani Pedrosa.  Aoyama menyelesaikan balapan di posisi 15 dan memberikan satu poin tambahan untuk tim repsol honda.

Secara matematis tim repsol honda masih mendominasi klasemen dengan total poin 429, masing-masing dari Marc Marquez (273), Dani Pedrosa (155), dan satu poin dari Aoyama. Repsol honda unggul 51 poin dari tim Movistar Yamaha yang musim lalu menjadi juara untuk kategori tim.

Namun kedatangan Hayden tentu menjadi hal yang menarik. Dengan track record yang baik selama membalap bersama honda, Hayden dinilai akan memberikan tambahan poin yang signifikan di Australia nanti.

51 poin bukanlah hal yang sulit bagi movistar yamaha untuk melakukan pengejaran. Tentu dengan hadirnya Nicky Hayden di MotoGP, honda jelas melakukan startegi defensif yang sangat baik untuk mempertahankan dan memperlebar interval poin sejauh mungkin.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.