Mungkinkah Tim Yamaha Movistar Berlakukan Team Order di Sisa Race Musim Ini?

0

Kejuaraan dunia MotoGP musim ini hanya tinggal menyisakan 4 laga kedepan. Pembalap tim Repsol Honda yaitu Marc Marquez sukses meraih kemenangan back to back di gelaran balap Aragon. Tidak hanya itu saja, Dani Pedrosa yang merupakan tandem Marquez juga berhasil menyabet podium kedua yang pastinya melengkapi kebahagiaan tim Honda di pertarungan antar konstruktor.

Tentu hal tersebut menjadi semacam ‘warning’ bagi pabrikan Yamaha Movistar yang hingga saat ini menjadi rival abadi. Pasalnya, tim garpu tala tersebut sudah puasa kemenangan dalam enam balapan terakhir. Terakhir, kemenangan mereka diraih oleh Valentino Rossi di GP Assen pada bulan Juni yang lalu.

Sementara itu tandem Rossi yakni Maverick Vinales menjadi pembalap Yamaha paling moncer dengan 3 kemenangan di GP Qatar, Argentina, dan Prancis. Rider asal Spanyol tersebut harus kembali mengejar kemenangan andai ingin menghidupkan kembali ambisinya merengkuh gelar juara dunia.

Berangkat dari hasil tersebut, mungkinkah Yamaha mulai memberlakukan team order bagi kedua pembalapnya? khususnya kepada Valentino Rossi bila melihat tandemnya saat ini memiliki koleksi poin lebih baik.

Massimo Meregalli selaku Manager tim Yamaha menjelaskan bahwa pihaknya tidak pernah berpikir untuk menggunakan team order baik untuk Rossi ataupun Vinales. Namun jika hal tersebut diperlukan, maka ia mungkin akan meminta kepada The Doctor untuk tidak terlalu menghalang-halangi laju rekan setimnya tersebut.

“Yamaha tidak pernah memberlakukan hal seperti itu di masa lalu, dan kami juga belum mempertimbangkannya. Kemungkinan besar kami akan memberitahu Valentino agar tidak terlalu sering menghalangi Vinales jika pembalap tersebut memiliki kesempatan untuk menang.” tutur Massimo Meregalli mengutip dari tuttomotoriweb.

Tidak hanya persoalan pembalapnya saja, Meregalli juga menyoroti masalah grip yang menjadi persoalan timnya semenjak bulan Agustus lalu. Dia pun berharap kondisi aspal sirkuit Motegi nanti lebih bisa menyatu bila dibandingkan seri-seri sebelumnya.

“Sudah berbulan-bulan berlalu dan persaingan semakin meningkat. Untuk mengejar ketertinggalan dari Marquez tidaklah mudah, tapi kami akan tetap mencobanya. Di Motegi nanti jika permukaan aspal bersahabat dengan motor kami seperti musim-musim sebelumnya maka Yamaha bisa kompetitif sampai akhir laga.” serunya.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.