MotoGP Musim 2018 Mendatang, Ducati Tetap Gunakan Tiga Tim Satelit

0

Untuk ketiga kalinya pabrikan Ducati akan tetap menggunakan tiga tim satelit di musim 2018 mendatang. Hal tersebut muncul dari pernyataan Sporting Director Ducati yaitu Paolo Ciabatti kepada media Crash, bahwa pihaknya telah membicarakan masalah kontrak dengan tim Aspar, Pramac, serta Avintia.

Untuk kerjasama dengan Avintia sendiri sudah terjalin ketika keduanya melakukan pembicaraan bebarengan dengan perlombaan Grand Prix Austin, bulan lalu. Sementara kontrak dengan tim Aspar baru saja terjadi pada pekan lalu di sirkuit Jerez.

“Seperti yang anda tahu, kami sudah mencapai kata sepakat dengan Avintia sebelumnya. Dan kemarin di Jerez kami juga telah menandatangani kontrak bersama Aspar. Mereka akan segera mengumumkannya dalam waktu dekat.” ujar Paolo kepada situs crash.net.

Sedangkan untuk Pramac, meski belum ada diskusi lebih lanjut, Paolo meyakini pihak tim Pramac akan segera mengajukan permohonan lantaran kerjasama antara keduanya sudah terjalin begitu lama sebelumnya.

“Dan Pramac, saya pikir itu hanya masalah waktu saja. Kami akan duduk kembali bersama dan mendiskusikan kondisinya karena bagaimanapun juga kami pernah berbicara dengan mereka sebelumnya mengenai pembalap untuk tahun depan. Musim depan kami masih akan bersama tiga tim satelit seperti musim lalu, dan ini belum pernah dilakukan oleh pabrikan manapun di MotoGP.” sambungnya.

Di musim depan baik Aspar, Avintia, maupun Pramac akan diberi mesin yang sama yakni GP17, namun dengan kriteria dan persyaratan yang sudah terlebih dahulu diajukan oleh pabrikan Ducati terutama dalam hal perekrutan pembalap.

Hal tersebut dilakukan oleh Ducati karena pabrikan lain seperti Suzuki dan Aprilia juga diberikan jatah oleh Dorna Sports untuk membentuk tim satelit. Meski masih ada tim satelit lain seperti Marc VDS dan LCR, bukan tidak mungkin kontrak dengan tim lain akan terjalin.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di GoMotoGP, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.