Statistik Pengamat Membuktikan Bahwa MotoGP Lebih Menarik Daripada F1

0

Persaingan dalam kejuaraan balap tampaknya tidak hanya menjadi milik pembalap serta pabrikannya saja. Dua ajang balap paling terakbar abad ini yakni MotoGP dan F1 saling klaim untuk menjadi yang terbaik di hati para penikmat balapan.

Namun menurut data statistik dari seorang pengamat balapan Nigel Roebuck, menyatakan bahwa perlombaan jet darat tersebut kini mulai ditinggalkan oleh para penonton. Ia membandingkan antara jumlah penonton yang hadir saat sama–sama menyaksikan pertandingan di sirkuit Sepang Malaysia.

“Kita telah kehilangan sepertiga penonton pada beberapa tahun belakangan ini. Para penonton lebih menyukai kejuaraan MotoGP karena menurut mereka persaingannya lebih susah ditebak. Berbeda dengan F1 yang pemenangnya hanya 2 orang saja.”

“F1 lebih mudah dikendalikan karena mereka menggunakan 4 roda dan jarang ada keadaan untuk saling overtake, sedangkan pada balap motor anda harus memikirkan berapa derajat kemiringan yang harus diambil karena bisa saja anda melebar dan masuk ke gravel. ” ucap Jurnalist Autosport tersebut.

Hal yang sama juga diutarakan oleh pemegang gelar MotoGP musim ini Marc Marquez. Pembalap berdarah Spanyol tersebut mengatakan bahwa kejuaraan MotoGP saat ini telah berkembang. Berbanding terbalik dengan keadaan F1 saat ini.

“MotoGP saat ini lebih baik dan berkembang terus menerus. Lihat saja di musim ini ada beberapa nama berbeda yang berhasil menjadi pemenang. Itu menandakan bahwa lebih banyak persaingan dalam kompetisi tersebut dan itu sangat seru. Luar biasa !” tandas The Baby Alien.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.