News

MotoGP Amerika: Tercepat di Sesi Kualifikasi, Marc Marquez Kembali Cetak Sejarah

Marc Marcquez, Kualifikasi MotoGP Austin Amerika 2017

Marc Marquez akhirnya sukses menambah rekornya di atas sirkuit Austin, Amerika usai mencetak pole position dalam sesi kualifikasi yang baru saja digelar. Sejak Circuit of the Americas (COTA) menggelar balapan pada musim 2013 yang juga merupakan debut pertama Marquez di kelas premier, The Baby Alien selalu memenangkan laga MotoGP dari pole sitter.

Dalam balapan yang akan berlangsung besok, kita akan menyaksikan apakah rekor kemenangan tersebut masih mampu di pertahankan Marquez atau sebaliknya. Apalagi sejak munculnya saingan terberatnya yakni Maverick Vinales yang akan mengawali balapan dari posisi dua.

Persaingan antara Marquez dan Vinales memang sangat sengit. Di sesi FP1 dan FP3 Vinales unggul, sedangkan pada latihan bebas kedua dan empat, Marquez tampil dominan.

Bahkan di babak kualifikasi pun Vinales yang menempati grid kedua hanya terpaut 0.130 detik dari Marc Marquez yang membukukan waktu  2m 2.741 detik. Race di hari berikutnya pun akan semakin menarik dengan kehadiran Valentino Rossi di urutan ketiga.

Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika 2017

PosisiPembalapTim
1Marc MarquezRepsol Honda
2Maverick VinalesMovistar Yamaha
3Valentino RossiMovistar Yamaha
4Dani PedrosaRepsol Honda
5Johan ZarcoYamaha Tech3
6Jorge LorenzoDucati Corse
7Andrea DoviziosoDucati Corse
8Jonas FolgerYamaha Tech3
9Cal CruthlowLCR Honda
10Scott ReddingPramac Ducati
11Andrea IannoneSuzuki Ecstar
12Jack MillerMarc VDS Honda
13Danilo PetrucciPramac Ducati
14Loriz BazAvintia Ducati
15Hector BarberaAvintia Ducati
16Tito RabatMarc VDS Honda
17Karel AbrahamAspar Ducati
18Bradley SmithKTM
19Alvaro BautistaAspar Ducati
20Sam lowesAprilia Gresini
21Pol EspargaroKTM
22Aleix EspargaroAprilia Gresini

Adapun posisi empat dan lima masing-masing ditempati oleh Dani Pedrosa serta rookie Johann Zarco yang juga tampil impresif sejak sesi latihan bebas.

Sementara harapan untuk memperbaiki performa nampak berhasil bagi rider Ducati, Jorge Lorenzo yang untuk pertama kali nya bisa start dari urutan 10 besar. Lorenzo akan berjuang dari posisi enam, tepat satu tingkat di atas rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

About the author

Fariz Gobel

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.