MotoGP 2017: Paruh Musim Pertama Lahirkan 4 Pemuncak Klasemen, 5 Juara Podium

0

MotoGP 2017 baru saja menyelesaikan paruh musim pertama perjalanan kompetisi dan bisa juga dibilang persaingan perebutan mahkota gelar juara dunia di musim ini paling ketat dalam sejarahnya. Empat rider di papan atas klasemen memiliki selisih poin yang cukup dekat dengan yang lainnya.

Sejauh ini juga sudah ada 5 rider berbeda yang berhasil menjadi pemenang di setiap racenya. Maverick Vinales menjadi rider yang paling banyak menang di musim ini dengan mengemas 3 podium, selanjutnya ada Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dengan 2 kemenangan, serta Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang masing-masing telah membawai 1 podium pertama.

Bandingkan dengan hasil musim lalu dimana baru 4 pembalap saja yang berhasil keluar sebagai juara pada paruh musim pertama, yakni Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Jack Miller.

Sebagai juara bertahan di musim lalu, Marc Marquez berhasil menutup paruh musim pertama dengan menjadi pemuncak klasemen. Sempat terombang-ambing di awal musim, kini rider andalan tim Repsol Honda tersebut sukses mendulang poin terbanyak dengan mengemas 129 angka berkat kemenangan ke-8 kalinya di sirkuit Sachsenring.

Marc Marquez

Marc Marquez

Di urutan selanjutnya ada nama Maverick Vinales yang mampu menjelma menjadi ancaman baru di musim ini. Debutnya bersama tim Yamaha berjalan dengan apik termasuk dua kemenangan sempurna di awal musim. Sayang, dengan performa yang merosot dalam beberapa balapan terakhir ini membuat posisinya di klasemen pasang surut dan terpaut 5 poin dari pemimpin klasemen.

Maverick Vinales

Maverick Vinales

Untuk pertama kali dalam karirnya, Andrea Dovizioso kini menjadi salah satu pesaing di kejuaraan dunia MotoGP. Berkat kemenangan fantastis ‘back to back’ di Mugello dan Catalunya, rider berusia 31 tahun tersebut berada di urutan ketiga klasemen dengan mengantongi 124 poin.

Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Terakhir, sosok rider veteran MotoGP yang masih haus akan gelar ke-10 nya di seluruh kelas ini kembali menjadi pembalap yang patut diwaspadai. Faktor pengalaman, motor kompetitif, serta determinasi tinggi membuat Valentino Rossi sekali lagi mampu bersaing dengan lawan-lawan yang berusia lebih muda dari dirinya.

Valentino Rossi

Valentino Rossi

Satu hal lagi yang menjadi perhatian tentu penampilan mengejutkan dari rider-rider satelit (independen) seperti halnya Cal Crutchlow yang berhasil meraih podium pertamanya di Argentina, lalu ada Danilo Petrucci menjadi rider satelit yang telah meraih dua kali podium serta dua kali start di front row.

Kemudian duet maut rider Yamaha Tech3 yakni Jonas Folger dan Johann Zarco yang telah sama-sama meraih runner up. Itulah sekilas preview perjalanan para pembalap dalam menghadapi paruh pertama kompetisi musim 2017. Masih ada 9 seri lagi yang pastinya lebih seru, serta apapun bisa terjadi. “This is MotoGP and never say never.”

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.