Moto2 Bakal Menggunakan Teknologi di Kelas MotoGP, Seperti Apa?

0

Bersamaan dengan pergeseran mesin Honda ke Triumph, kompetisi di kelas Moto2 juga nantinya akan menggunakan ECU Magneti Marelli pada musim 2019. Artinya, dengan kehadiran perangkat lunak tersebut di kelas medium bisa dikatakan lebih modern dari segi elektronik.

Namun meski menggunakan ECU yang levelnya satu tingkat dibawah kelas MotoGP, beberapa fitur lainnya seperti traksi control tidak akan disediakan pada tahun pertama penggunaan Magneti Marelli di kelas Moto2. Fitur-fitur tersebut baru akan digunakan pada tahun kedua sebagai bentuk adaptasi di kelasnya.

Sebagaimana dikatakan oleh Director Technology MotoGP yakni Corrado Cecchinelli melalui Crash.net, spesifikasi ECU dibuat dengan biaya yang lebih murah karena beberapa hal banyak yang tidak sesuai dengan kondisi kelas Moto2 dan kemudian dihapus.

“Magneti Mirelli berhasil memenangkan tender dan modelnya akan diputuskan. Tentu saja spesifikasi perangkat tersebut lebih murah bila dibandingkan dengan kelas MotoGP, karena di Moto2 banyak hal yang berbeda.” Ucap Cecchinelli.

“Selain itu, kami juga ingin membuatnya lebih mudah diterapkan di awal musim. Sebagai contoh tanpa traksi kontrol di tahun pertama dan baru akan kami gunakan di tahun kedua.” Sambungnya.

Selain adanya fitur traksi kontrol, Moto2 juga akan menghadirkan teknologi Ride by Wire (RBW). Fitur Ride by Wire sendiri merupakan basic dari era balap modern dan sudah digunakan di kelas MotoGP.

Tujuannya jelas banyak seperti pengiriman tenaga mesin menjadi lebih halus, kontrol motor lebih mudah karena motor dikendalikan juga oleh ECU, dan efisiensi pemakaian bahan bakar.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.