Michelin Pastikan Diri Sebagai Pemasok Ban Tunggal di Kelas MotoGP Hingga Musim 2023

0

Produsen ban asal Prancis yakni Michelin secara resmi telah menandatangani perpanjangan kontrak dengan pihak Dorna Sport selaku penyelenggara siaran MotoGP. Kontrak tersebut berdurasi lima tahun dimulai dari musim 2019 hingga 2023, yang artinya Michelin tetap menjadi satu-satunya pemasok ban tunggal di kelas MotoGP.

Tentunya tidak mudah bagi Michelin menjadi penyuplay ban menggantikan peran Bridgestone pada musim 2016 yang lalu. Statistik menunjukkan banyak terjadi kecelakaan yang menimpa para pembalap terutama saat tes pramusim digelar. Namun, produsen yang berpusat di Clermont-Ferrand Prancis tersebut akhirnya mampu menjawab keraguan banyak pihak.

MotoGP sendiri seperti lahan riset bagi produsen ban Prancis tersebut guna menghadirkan ban berkualitas tinggi. Terlebih, para pembalap di kelas MotoGP bisa dibilang manusia-manusia tercepat di muka bumi ini sehingga Michelin bisa mendapatkan masukan ataupun feedback dari para rider maupun tim mereka.

“Kami bangga karena MotoGP dan Michelin terus melanjutkan kerjasama hingga lima musim kedepan. Sejak Michelin hadir di musim lalu, MotoGP terus berkembang dan memiliki gairah ataupun passion tersendiri bagi para penikmat balap. Ini adalah kabar yang fantastis untuk kejuaraan, tim, dan pembalap MotoGP.” ujar Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sport.

Selain itu, Michelin juga memiliki cara tersendiri agar balapan bisa berjalan menarik dan tidak monoton. Salah satunya dengan menyediakan tiga opsi varian pada ban depan dan belakang bagi para pembalap. Setiap tim dan pembalapnya memiliki strategi yang berbeda untuk mengatasi tekanan dalam suatu balapan dengan kombinasi ban tersebut, entah mulai mendorong semenjak lampu start dipadamkan atau menyerang di akhir laga.

Faktor-faktor inilah yang akhirnya membuat pemenang di akhir balapan susah untuk ditebak. Dan dengan penambahan durasi kontrak tersebut, diharapkan Michelin bisa menyamai ataupun melebihi prestasi yang ditorehkan oleh pemasok ban sebelumnya, Bridgestone.

“Setelah dua musim kami melihat performa ban dan akhirnya bisa memberikan kontribusi nyata pada balap motor, khususnya MotoGP. Dorna telah memutuskan untuk menambah durasi kerjasama hingga lima musim sebagai pemasok tunggal. Kami tentu saja senang dengan kepercayaan yang diberikan oleh Carmelo Ezpeleta.” kata Direktur Michelin Motorsport, Pascal Couasnon.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.