Michelin Menolak Lakukan Perubahan Terkait Pelarangan Winglet

0

Masih tersisa 3 bulan lagi sebelum dimulainya ajang balap MotoGP 2017. Kesibukan tidak hanya menjadi milik tim–tim pabrikan yang akan berlaga saja, namun pihak Michelin sebagai penyuplai tunggal ban untuk kelas MotoGP juga tengah berbenah diri. Pasalnya setelah mendapat kritikan tajam dari para pembalap terkait grip pada ban, produsen ban asal Perancis tersebut juga akan dihadapkan pada masalah dilarangnya winglet.

Publik di musim 2016 lalu melihat dengan jelas bagaimana fungsi sayap kecil tersebut pengaruhnya sangat besar terhadap bagian depan motor para pembalap. Hal tersebut juga pastinya sedikit membantu kinerja ban Michelin yang memang terbukti lebih buruk bila dibandingkan dengan ban Bridgestone yang menonjolkan karakteristik ban depan.

Ketika diberikan suatu pertanyaan terkait kinerja ban dengan pelarangan winglet di musim depan, Nicolas Goubert selaku teknisi Michelin menjelaskan bahwa tidak ada perubahan dan pengembangan besar pada ban depan mereka.

“Saya berharap tidak. Kami telah mengetes bagaimana kinerja ban dengan dan tanpa winglet, hasilnya tidak ada perbedaan yang besar antara keduanya.” Jawabnya pendek.

Michelin sepertinya tetap ‘kekeuh’ dengan pendirian mereka yang lebih memilih untuk menguatkan karakteristik ban belakang. Sehingga para pembalaplah yang kini harus merubah gaya balap saat menghadapi tikungan.

Sejenak kembali mengintip bagaimana performa ban Michelin saat tes pramusim 2016, contohnya saja ketika ban belakang Loriz Baz yang tiba -tiba meledak saat di lintasan lurus track Sepang Malaysia. Beruntung pembalap Perancis tersebut selamat. Ditambah lagi dengan jatuhnya Valentino Rossi serta Jorge Lorenzo menjadi tambahan nilai buruk di dalam buku rapot Michelin.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.