Meski Tampil Konsisten, Jonas Folger Harus Segera Memperbaharui Gaya Balapnya

0

Pembalap tim Yamaha Tech3, Jonas Folger mengaku masih merasa bingung terutama dalam hal mengendalikan mesin motor MotoGP. Pembalap yang kini menyandang status sebagai rookie itupun masih kerap melakukan kesalahan ketika hendak melakukan overtake kepada lawannya.

Folger juga menjelaskan bahwa terdapat semacam perbedaan yang signifikan antara tehnik yang ia gunakan di ajang Moto2 dengan MotoGP. Menurutnya gaya pembalap di kelas MotoGP lebih suka menyalip lawan di saat terakhir, bukan di awal.

“Ketika saya mengendarai mesin Moto2, saya bisa menyalip lawan di fase awal pengereman. Namun berbeda dengan kelas MotoGP, saat saya melihat video cara melakukan overtake yang tepat, biasanya mereka menyalip di saat terakhir. Itulah letak kesalahan saya. Saya selalu menyalip terlalu dini kemudian menjaga kecepatan terlalu tinggi diatas.” ungkap Jonas Folger dikutip dari speedweek.

Debut Folger di musim ini memang bisa dibilang selalu konsisten masuk posisi 10 besar tanpa sekalipun memiliki status DNF, terhitung semenjak dirinya mengikuti balapan perdana di Qatar pada bulan Maret lalu. Pencapaian buruknya hanya terjadi ketika melakoni seri GP Austin dengan finish di posisi ke-11.

Namun raihan pembalap asal Jerman tersebut masih kalah jauh bila dibandingkan dengan tandemnya di Yamaha Tech3 yakni Johann Zarco, yang kini mampu bertengger di posisi ke-5 klasemen. Melihat hal tersebut, Folger bertekad untuk tampil lebih baik dan meminimalisir setiap kesalahan pada balapan selanjutnya.

“Yang terpenting adalah saya telah paham bagaimana cara kerja para pembalap MotoGP. Saya hanya ingin belajar terus menerus dan mengurangi kesalahan di setiap perlombaan.” tandasnya.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.