Meski Gagal Meraih Podium Namun Suzuki Sangat Puas Dengan Performa Vinales

0

Membalap di “rumah” sendiri membuat pembalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales tampil extraordinary. Dalam race Catalunya Vinales berjuang habis-habisan hingga mampu finish diposisi empat.

Ia memulai balapan dari posisi lima dan langsung beradaptasi dengan pembalap-pembalap senior di depannya. Tentu tidak mudah bagi Vinales untuk menyelaraskan kecepatan membalap bersama rider papan atas seperti Lorenzo, Rossi, Marqeuz dan juga Pedrosa.

Terlihat beberapa kali pembalap Suzuki tersebut berusaha melakukan overtake atas Pedrosa namun tetap tak berhasil. Meski demikian, tim mekanik suzuki ecstar sangat kagum dengan performa Vinales. Ia membalap dan melakukan hal-hal yang sebenarnya tak mampu diimbangi motornya.

Misalnya ketika hampir tiga kali Maverick Vinales melebar saat berusaha menyalip Pedrosa. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pengereman bagian belakang (rear grip) motornya masih belum sempurna.

Inilah yang masih menjadi PR besar buat Suzuki. Vinales sendiri mengakui bahwa dirinya mengalami kesulitan saat melakukan pengereman ketika memasuki tikungan yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk meng-overtake rider di depannya.

Meski demikian, finish diurutan empat memberikan poin yang cukup besar bagi Vinales untuk tetap mempertahankan posisi lima klasemen sementara MotoGP 2016. Saat ini Ia mengoleksi 72 poin dan tertinggal 10 poin dari Dani Pedrosa yang berada di urutan empat.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.